Jakarta (ANTARA News) - Sembilan karya ilmiah hasil riset siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri kini telah tercatat di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI), kata Kepala MTsN Kediri Nur Salim.

Nur Salim, usai bertemu Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Kamis, mengatakan, hasil riset siswa didiknya merupakan karya orisinal temuan mereka.

Untuk itu, setelah mendapat arahan dari Direktur Pendidikan Madrasah, dan agar karya-karya tersebut dilindungi secara hukum, pihak madrasah berinisiatif mengambil langkah-langkah dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Alhamdulillah, dalam kurun waktu enam bulan, 9 karya tulis Ilmiah berbasis riset telah selesai kepengurusannya untuk mendapatkan HKI dan kami akan meneruskan 11 karya lainnya. Ini merupakan komitmen kami dalam membangun madrasah riset. Hasil karya anak-anak kami harus dilindungi secara hukum,” katanya seperti dikutip kemenag.go.id.

Terhitung tanggal 18 Mei 2015, hasil-hasil riset tersebut sudah terdaftar dan tercatat di Ditjen HKI dan Surat Pencatatan Ciptaannya sudah disahkan. Dengan begitu, hasil-hasil riset tersebut sudah dilindungi oleh Undang-undang dan tidak bisa dibajak atau diplagiasi.

Surat Pencatatan Ciptaan tersebut berlaku hingga 50 tahun sejak pertama kali diumumkan. Selain itu, siswa-siswi yang bersangkutan juga bisa meneruskan risetnya untuk skripsi, tesis, ataupun disertasi.

“MTsN 2 Kediri mengajukan 21 hasil riset yang sudah dibimbing para ahli dari LIPI dan sudah uji laboratorium. Saat ini sudah ada sembilan hasil riset yang sudah keluar Surat Pencatatan Ciptaannya dan sisanya masih dalam proses,” tambah Nur Salim bersemangat.

Sembilan hasil riset tersebut adalah:

1. Manfaat Lendir Bekicot (Achatina fulica) sebagai Obat Luka Alama (Pencipta: Risma Nailul Amalia)

2. Pemanfaatan Tulang Ayam Boiler Sebagai Bubur Yang Bergizi dan Bernilai Ekonomis (Pencipta: Fahril Haikal Ilmi Sihabuddin)

3. Fermentasi Sampah Sayuran Pasar Grosir Kota Kediri Sebagai Pakan Ternak Untuk Meningkatkan Hasil Pertenakan Sapi di Kota Kediri dan Sekitarnnya (Pencipta: Muhammad Rofiqul Ilmi)

4. Kopi Biji Pepaya Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Pencipta: Astrid Rizkiya Sally)

5. Roti Sukun Untuk Diet Rendah Kalori (Pencipta: Astrid Rizkya Sally)

6. Pemanfaatan Sarang Telur Laba-laba (Cocoon) Dari Ordo Araneae Sebagai Bahan Alami Alternatif Penutup Luka (Pencipta: Rezza Putri Mahartika)

7. Pengaman Rumah Penggerak Solenoid dengan Koder Morse (Pencipta: Aufa Millatul Haqq)

8. Potensi Biofungisida dari Jahe, Lengkuas Merah, Kunyit dan Labu Siam Untuk Mencegah dan Membasmi Jamur pada Tanaman Sawi (Pencipta: Rahmah Nur Diana)

9. Nasi Gadung (Dioscorea hipsida Dennst) Sebagai Substitusi Nasi Jagung (Zae mays) Sebagai Makanan Rendah Kalori bagi Penderita Obesitas.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015