Seoul (ANTARA News) - Mantan wakil ketua FIFA Chung Mong-joon, salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sepak bola Asia, menyatakan siap mengikuti persaingan untuk menggantikan Sepp Blater di badan sepak bola dunia itu.

Chung (63), konglomerat dari industri Hyundai Korea Selatan, mengatakan bahwa ia akan membuat pengumuman resmi bulan depan di Eropa, yang menurutnya sebagai "pusat sepak bola dunia".

"Saya akan maju sebagai kandidat presiden FIFA. Ini tidak mudah, tapi orang tidak ingin jadi bagian dari korupsi. Mereka ingin menjadi bagian dari solusi," kata Chung kepada Reuters, Kamis.

"Kami tidak dapat meninggalkan FIFA dalam keadaan aib," tambahnya.

Chung mengatakan, ia belum mendapat dukungan dari lima federasi anggota FIFA sebagai syarat, namun ia yakin akan memperolehnya.

"Saya berharap akan mendapat lebih dari lima nominasi," katanya seraya menambahkan bahwa ia sudah mendapat jaminan dukungan negara-negara CONCACAF saat berkunjung ke Amerika Serikat baru-baru ini.

Michel Platini saat ini masih disebut-sebut sebagai favorit terkuat untuk menggantikan Blatter, karena empat dari enam konfederasi FIFA mendukungnya.

Namun menurut Chung, Platini bukan orang yang tepat untuk tugas tersebut.

"Ia orang baik, saya sangat suka dia. Tapi jika saya ditanya apakah sekarang saat yang tepat bagi Michel untuk menjadi presiden FIFA menggantikan Blatter, menurut saya itu bukan berita bagus bagi FIFA dan bagi Platini juga," katanya.

(Uu.T004/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015