Jakarta (ANTARA News) - Industri Agro Nasional membutuhkan ketersediaan bahan baku yang berkelanjutan untuk bisa mendorong daya saingnya di Indonesia maupun kawasan, demikian disampaikan Kepala Departemen Agroindustrial Technology Institut Pertanian Bogor (IPB) Nastiti Siswi Indrasti.

"Menjaga ketersediaan bahan baku yang berkelanjutan dari segi jumlah itu penting agar industri bisa melakukan pengolahan," kata Nastiti Siswi Indrasti di Jakarta, Kamis.

Nastiti mengatakan, bahan baku Industri Agro berbeda dengan industri lain yang lebih awet, dimana bahan baku industri ini bersifat musiman, mudah rusak dan membutuhkan sinar matahari serta air hujan yang cukup.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan berbagai kebijakan yang mendorong dan mendukung ketersediaan bahan baku tersebut, misalnya soal konversi lahan pertanian.

"Misalnya jadi tidak adanya konversi lahan pertanian yang non pertanian, itu perlu komitmen dan strategi yang perlu ditekankan juga. Karena banyak juga yang jadi ruko dan rumah," ujar Nastiti.

Pembahasan tersebut, lanjut Nastiti, IPB akan melaksanakan International Conference on Adaptive and Intelligent Agroindustry pada Senin-Selasa 3-4 Agustus 2015.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015