Jakarta (ANTARA News) - Tim Transisi meminta klub peserta turnamen Piala Kemerdekaan 2015 segera memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, termasuk dalam melengkapi legalitas klub.

"Selama ini banyak klub yang legalitasnya belum ada. Maka dari itu, kami terus mendorong untuk melengkapinya hingga batas waktu yang ditetapkan," kata Koordinator Pokja Komunikasi Tim Transisi Cheppy T. Wartono di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan tahapan baru yang dikeluarkan Tim Transisi setelah diundurkannya kick off kejuaraan yang semuanya diikuti klub Divisi Utama dari 2 Agustus menjadi 15 Agustus tersebut, semua klub peserta harus melengkapkan berkas hingga 1 Agustus.

Menurut dia, respons klub peserta dalam melengkapi berkas persyaratan dinilai cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi klub karena sangat berperan dalam membangun sepak bola Indonesia ke arah lebih baik.

"Kami sangat mengapresiasi karena klub antusias terhadap reformasi tata kelola sepak bola Indonesia," katanya.

Selain legalitas klub, pemain dan pelatih juga dituntut memiliki NPWP. Begitu pula, dengan kontrak pemain maupun pelatih harus dilakukan di depan. Masing-masing klub juga dituntut memiliki rekening atas nama perusahaan.

Piala Kemerdekaan 2015 akan diikuti 24 klub dan terbagi atas empat grup. Dari jumlah tersebut, belum semuanya melengkapai berkas persyaratan. Berdasarkan keterangan dari Tim Transisi, baru 14 tim yang telah melengkapi persyaratan termasuk nama pemain.

Selain menetapkan batas waktu melengkapi berkas persyaratan, Tim Transisi juga telah menetapkan tahap lanjutan, yaitu manajer meeting pada tanggal 9 Agustus, technical meeting pada tanggal 13 Agustus, hingga kick off pada tanggal 15 Agustus.

"Untuk babak penyisihan, akan memakan waktu sekitar dua pekan. Selanjutnya, dua klub terbaik masing-masing grup akan melangkah ke babak berikutnya," kata Cheppy menerangkan.

Babak perempat final sesuai dengan rencana dimulai 27 Agustus. Pihaknya panitia juga memberikan istirahat sebelum pertandingan semifinal. Untuk pertandingan final, akan digelar pada tanggal 5 September mendatang.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015