Buntok, Kalteng, (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah menyiapkan sebanyak delapan ribu masker untuk mengantisipasi bila muncul kabut asap.

"Kita telah mempersiapkan sebanyak delapan ribu masker untuk mengantisipasi apabila kabut asap muncul pada musim kemarau ini," kata Kepala Kepala Dinkes Barsel Daryomo Sukiastono di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, masker tersebut akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat apabila kondisi kabut asap di wilayah setempat pekat dan membahayakan kesehatan.

Kepada masyarakat juga diimbau agar menjaga pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit ISPA pada musim kemarau seperti ini.

"Peningkatan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang , melakukan aktifitas olahraga secara teratur dan beristirahat yang cukup," tambahnya.

Dengan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh lanjutnya, maka akan terhindar dari berbagai penyakit yang kerap kali muncul pada saat musim kemarau ini.

Selain itu ia juga menyampaikan untuk jumlah penderita ISPA bulan Agustus 2014 lalu tercatat sebanyak 1.240 orang, sedangkan pada saat kabut asap bulan September 2014 lalu tercatat 539 orang.

"Menurunnya jumlah penderita ISPA itu karena kesadaran masyarakat memakai masker meningkat dan selain itu juga masyarakat pada umumnya sudah mampu mengantisipasi penyakit tersebut secara mandiri," jelasnya.

Pewarta: Bayu Ilmiawan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015