Jakarta (ANTARA News) - Ahli kesehatan mengingatkan kita untuk tetap menjaga asupan cairan di musim kemarau ini agar tak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

"Di musim kemarau ini, status hidrasi harus terjaga. Misalnya saat beraktivitas misalnya lari setiap 20-25 menit sekali meminum air. Siapkan air. Jangan sampai dehidrasi, karena bisa berpengaruh pada kondisi fisik seseorang," ujar spesialis gizi dari Rumah Sakit PGI Cikini, DR. dr. Leane Suniar, Msc, Sp.GK, di Jakarta, Sabtu.

Leane mengatakan, dalam sehari pastikan kita mengonsumsi 8 - 10 gelas air. Untuk sekali minum, menurut dia, tak perlu langsung segelas, namun sedikit demi sedikit.

"Di musim kemarau ini lebih sering minum tetapi tidak perlu sampai satu gelas sekali minum. Anjurannya harus tahu kapasitas lambung kita. Bila minum terlalu banyak lalu melebihi kapasitas lambung kita bisa penuh dan menjadi beban," kata dia. Dia menambahkan, jika jumlah keringat yang keluar terlalu banyak, selain air, kita disarankan juga mengonsumsi cairan elektrolit.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015