Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 20 finalis Toyota Eco Youth (TEY) ke-9 dari pelajar SMA dan SMK yang diselenggarakan Toyota Astra Motor (TAM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil menuntaskan proyek lingkungan hidup.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Masahiro Nonami, menyebutkan keberhasilan TEY ke-9 berkat kerja sama Toyota Indonesia, jaringan dealer Toyota di seluruh Indonesia, serta partisipasi aktif sekolah, dewan juri, dan pemerintah Indonesia.

“Harapan kami, program Toyota Eco Youth ini dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan, untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan,” ujar Nonami pada acara puncak Toyota Eco Youth (TEY) ke-9 di Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri, terpilih tiga pemenang untuk setiap kategori science dan sosial, serta satu pemenang terbaik (best of the best).

Untuk Kategori Science, SMAN 6 Denpasar dengan proyek “Limbah Upacara Yadnya” menjadi juara pertama, SMAN 1 Blora dengan proyek “Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell Pembangkit Listrik pada Perangkap Serangga” menjadi juara kedua, dan SMAN 6 Banjarmasin dengan proyek “Pembuatan Alat Sederhana Penetralisir Air Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi” sebagai juara ketiga.

Pada kategori sosial, SMAN 19 Bandung dengan proyek "Babarengan:Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi” keluar sebagai juara pertama, SMAN 5 Surabaya dengan proyek “Cyber Nature” sebagai juara kedua, serta SMAN 1 Ubud dengan proyek “Bike Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi” sebagai juara ketiga.

Pemenang berhak atas hadiah Rp70 juta untuk juara pertama, Rp50 juta untuk pemenang kedua, serta Rp30 juta untuk pemenang ketiga.

Sementara itu, pemenang Best of The Best yang diraih SMAN 19 Bandung mendapatkan hadiah tambahan berupa pelatihan tentang lingkungan di Jepang. Dengan demikian, total hadiah yang diberikan dalam program TEY ke-9 ini mencapai Rp 660 juta.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Suparno Djasmin, menyebutkan tahun ini minat siswa untuk ikut lomba TEY kian meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kompetisi TEY kali ini jauh lebih ketat dengan peningkatan jumlah peserta menjadi 3 kali lipat dari tahun lalu,” kata Suparno Djasmin.

Suparno Djasmin menyebutkan TEY bertujuan meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan karena pembangunan lingkungan hidup memiliki aspek luas sehingga menuntut kreativitas tinggi.

Selain itu, jumlah pengajuan program yang masuk mencapai 1.709 proposal yang diseleksi menjadi 20 finalis dengan rincian 12 proyek science dan delapan proyek sosial. Para finalis berkesempatan mengikuti workshop merealisasikan proposal dengan bantuan dana dan bimbingan Toyota Indonesia.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015