Gelar juara tidak boleh memberikan hal-hal buruk ..."
London (ANTARA News) - Chelsea harus menambahkan dimensi baru untuk lebih tidak bisa ditebak dalam bersepak bola, apabila mereka bertekad kuat untuk mempertahanan gelar juara Liga Utama Inggris (Premier League) yang mereka menangi musim lalu, kata manajer Jose Mourinho.

Klub Stamford Bridge itu finis delapan poin dari urutan kedua Manchester City pada Mei, tetapi Mourinho mengatakan pemainnya harus terus berkembang dan tidak hanya tinggal berdiam diri.

"Kami berusaha menambah kualitas baru untuk permainan kami untuk meningkatkan apa yang kita pernah lakukan di masa lalu," ujar pelatih asal Portugis itu kepada wartawan selama tur pra-musim Chelsea di Amerika Serikat (AS), layaknya dikutip Reuters.

Ia menimpali, "Kami berusaha untuk menjadi sedikit lebih sulit diprediksi karena lawan telah mengetahui kami dengan baik dan kami pun ingin menjalani musim dengan motivasi tinggi."

"Gelar juara tidak boleh memberikan hal-hal buruk, hanya bisa memberikan hal-hal yang baik. Hal-hal yang baik itu adalah kepercayaan diri dan motivasi lebih," kata Mourinho.

Chelsea memainkan gaya yang bebas mengalir di paruh pertama musim lalu tetapi ketika mengalami banyak pemain cedera, dilarang bertanding dan hilangnya pola permainan setelah Natal, mereka mulai mengadopsi permainan yang lebih berhati-hati, pendekatan pragmatis untuk mendapatkan hasil positif.

Mourinho telah menjadi pelatih yang boros di masa lalu, tetapi kemudian mereka menjadi lebih hemat atas pengeluaran menjelang musim mendatang jika dibandingkan dengan Manchester City, Manchester United dan Liverpool.

Mourinho mengatakan akan menjadi "tantangan besar" untuk mencoba dan mempertahankan gelar.

Sementara City, United dan Liverpool telah mengeluarkan sejumlah besar uang untuk memperkuat sumber daya tim mereka, klub London itu telah akan bermain-main dengan skuad mereka.

Favorit klub Petr Cech dan Didier Drogba telah pindah ke padang rumput baru dan digantikan oleh mantan kiper Stoke City Asmir Begovic dan striker Monaco Radamel Falcao yang lebih banyak dipinjamkan ke United pada musim lalu.

"Saya hanya memiliki satu tujuan dan itu adalah untuk memenangkan pertandingan berikutnya. Saya tidak punya tujuan lain selain berusaha untuk meningkatkan dan memperbaiki penampilan tim," ujar Mourinho.

Ia menimpali, "Ini adalah tantangan besar untuk meningkatkan tim kami yang pada dasarnya tanpa pemain baru, selain Begovic dan Falcao. Saya merasa lebih dari senang dengan itu dan para pemain menerima tantangan ini dengan tangan terbuka."

Selain itu, ia mengemukakan, "Setiap hari kami bekerja sangat keras untuk mencoba meningkatkan diri dan saya melihat motivasi besar dalam diri pemain. Mereka senang karena kami adalah kelompok yang sama ... karena saya dan klub telah menunjukkan loyalitas kepada mereka."

"Kami telah mengatakan, Anda adalah juara, Anda membuat kami juara, kami percaya Anda. Bahkan, jika klub lain telah membuat investasi besar kami tetap dengan Anda, kami percaya pada Anda," ujarnya.

Chelsea, yang telah memenangkan gelar juara Premier League empat kali dalam 11 musim, akan bertemu dengan Arsenal bersama kiper barunya Cech pada pertandingan Community Shield, Minggu, sebagai pertandingan tradisional pembuka pada musim yang baru.

Tim Mourinho itu kemudian akan menggelar pertandingan pertama mereka di liga dengan laga kandang melawan Swansea City pada 8 Agustus.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015