Jakarta (ANTARA News) - Sebelum melakukan aktivitas fisik semisal lari, ahli kesehatan mengingatkan kita pentingnya memperhatikan asupan makanan dan minuman agar tak menganggu performa selama melakukan aktivitas itu.

Spesialis gizi dari Rumah Sakit PGI Cikini, DR. dr. Leane Suniar, Msc, Sp.GK menuturkan, salah satu asupan yang harus dihindari sebelum lari ialah minuman terlalu manis.

"Kalau terlalu manis, untuk memecah gula menjadi energi saja sudah membutuhkan energi. Sementara di waktu yang bersamaan, kita juga dalam kondisi aktif. Beban ganda inilah yang akhirnya membuat kita malah semakin kelelahan," ujar Leane di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan, ketimbang konsumsi minuman terlalu manis, sebaiknya menyeimbangkan asupan air minum dan durasi lari kita. Bila kita melakukan lari kurang dari 60 menit maka air putih saja sudah cukup. Tetapi jika durasi lari lebih dari 60 menit maka selain air putih juga dibutuhkan tambahan asupan glukosa dan cairan elektrolit.

"Selanjutnya minum setiap 25 menit sekitar 200-250 ml. Sebaiknya air dengan suhu 10 derajat untuk membantu menurunkan suhu tubuh akibat lari," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015