Mencerdaskan kehidupan bangsa tidak cukup hanya bersekolah, tidak cukup hanya pendidikan, tetapi juga gerakan pencerahan,"
Surabaya (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa selain pendidikan, gerakan pencerahan sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Mencerdaskan kehidupan bangsa tidak cukup hanya bersekolah, tidak cukup hanya pendidikan, tetapi juga gerakan pencerahan," katanya dalam seminar kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Sabtu.

Ia mengambil contoh beberapa negara Timur Tengah yang terlibat berbagai macam konflik. Zulkifli menilai, hal tersebut salah satunya akibat dari tidak adanya pencerahan.

"Sejatinya kita itu bersaudara, satu nenek moyang. Makanya ada namanya saudara sesama kemanusiaan dan saudara muslim," ujarnya.

Lebih lanjut Zulkifli mengatakan, Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat majemuk, sehingga perbedaan bisa dimanfaatkan menjadi sinergi yang positif untuk kebaikan bersama.

"Selain itu, janganlah kita ini, dengan jumlah yang mayoritas tetapi bermental minoritas," ucapnya.

Zulkifli juga meminta semua pihak untuk memikirkan bagaimana Indonesia ke depan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi yang semakin terbuka lebar.

"Jadi jangan sibuk melakukan hal-hal yang tidak penting," pungkasnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015