Indonesia, yang diprediksi akan memiliki 176 juta orang yang terkoneksi dengan internet pada tahun 2016, menawarkan kesempatan bisnis ICT yang menjanjikan,"
Jakarta (ANTARA News) - KBRI Wellington mengadakan kegiatan forum bisnis di bidang teknologi informasi dan komunikas (ICT) yang dihadiri sejumlah pimpinan perusahaan penyedia ICT di ibu kota itu yang tertarik melakukan kerja sama dengan mitra di Indonesia.

Dalam sambutannya Dubes RI Jose Tavares untuk Selandia Baru mengatakan, selalu mendorong kalangan bisnis ICT di Selandia Baru untuk melakukan investasi dengan memanfaatkan potensi kerja sama yang begitu besar dan terbuka dengan penyedia ICT di Indonesia.

"Indonesia, yang diprediksi akan memiliki 176 juta orang yang terkoneksi dengan internet pada tahun 2016, menawarkan kesempatan bisnis ICT yang menjanjikan," kata Jose, demikian Siaran pers KBRI Wellington yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Ia menyebutkan acara yang diselenggarakan pada Kamis (30/7) diisi oleh paparan mengenai perkembangan ICT di Indonesia.

Andri Firtiyan dari Indoglobit Representative for NZ & Australia bertindak sebagai nara sumber. Indoglobit adalah wadah berhimpun dan penghubung antara para pelaku bisnis, profesional, akademisi, dan pemangku kepentingan industri IT lainnya di Indonesia dengan dunia global.

Penyedia ICT di Indonesia berkembang cukup pesat dengan kemampuan yang cukup luas termasuk ICT services (SW house, ICT Outsourcing) hingga pabrik perangkat keras dan penyedia pengamanan ICT.

SDM ICT Indonesia juga banyak yang memiliki kemampuan membuat games sampai SAP Implementors, serta berbagai produk ICT yang berkualitas.

Masyarakat Selandia Baru dikenal kreatif dan inovatif, tidak terkecuali di bidang ICT. Sejumlah aplikasi smartphone, software akuntansi, maupun produksi visual efek yang canggih dan mendunia telah dihasilkan oleh kalangan ICT di Selandia Baru. Beberapa perusahaan ICT Selandia Baru menyatakan berminat untuk melakukan penjajakan usaha ke Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini merupakan salah satu upaya meningkatkan hubungan bilateral di bidang ekonomi antara Indonesia dan Selandia Baru. Melalui kegiatan ini para penyedia ICT Selandia Baru dapat memperoleh pengetahuan lebih luas dan mendalam mengenai perkembangan ICT di Indonesia dan peluang kerja sama usaha termasuk ICT outsourcing dan investasi.

(M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015