Jakarta (ANTARA News) - Pameran buku "Jakbook & Edu Fair 2015" menawarkan jaminan harga kelengkapan sekolah yang mereka jual lebih murah di bawah harga pasaran kepada pengguna Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"Kami bersedia mengganti dua kali lipat apabila ada harga lebih murah yang ditawarkan oleh penjual di luarstand Jakbook karena memang harga dan kualitas barang yang kami tawarkan adalah yang terbaik," kata salah satu peserta gerai tas sekolah di pameran Jakbook & Edu Fair 2015, Guntoro di Jakarta, Sabtu.

Guntoro mengatakan tawaran penggantian dua kali lipat ini untuk meyakinkan dan menarik antusiasme pengunjung ke pameran setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Senin (27/7) menilai harga kelengkapan sekolah, seperti buku tulis dan tas sekolah lebih mahal dibandingkan harga pasar.

Menurut Guntoro, pengunjung dapat membandingkan bahwa harga barang di pameran lebih murah dengan selisih harga 10-30 persen daripada toko modern atau retail.

"Jangan dibandingkan harga buku di pameran dengan yang di Tanah Abang, tentu tidak bisa disamakan kalau hitungannya secara grosiran. Pengunjung bisa lihat dengan harga di Toko Gunung Agung dan sebagainya," kata Guntoro.

Selain untuk menarik minat pengunjung yang sempat merosot pasca-pidato Gubernur, peserta pameran juga ingin berpartisipasi melayani pengguna KJP dengan memberi bentuk promosi, seperti potongan harga buku tulis paket dan hadiah gratis kaos kaki senilai Rp15.000 untuk pembelian sepatu seharga Rp110-150 ribu.

"Saya beli paket buku "Kiki" di toko Gunung Agung Rp33 ribu, tetapi di sini hanya Rp29.000. Di sini lebih murah," kata salah seorang pengunjung pameran, Aini.

Dalam pameran ini, penerima KJP akan lebih terarah untuk membelanjakan dana pendidikannya maksimal sebesar Rp500.000 guna membeli kelengkapan sekolah.

"Banyak rumor yang beredar kalau dana KJP digunakan untuk hal yang tidak semestinya, seperti membeli HP, sedangkan di pameran ini, dana KJP akan tepat sasaran. Mereka hanya bisa membeli buku atau alat-alat sekolah," kata Ketua Panitia "Jakbook & Edu Fair 2015" Tatang T. Sudensyah.

Selain promosi, pengguna KJP yang bertransaksi di pameran juga tidak akan dikenai biaya administrasi yang umumnya sebanyak 2,5-3 persen per transaksi.

"Jakbook & Edu Fair 2015" merupakan pameran buku tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) dan diadakan pada 27 Juli-3 Agustus 2015 di Parkir Timur Senayan.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015