Jakarta (ANTARA News) - Terdapat berbagai cara untuk merawat rambut agar tetap sehat dan indah, salah satunya adalah cara-cara tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai ramuannya.

"Salah satunya adalah dengan air merang yang dikasi santan, jeruk purut dan santan. Itu bisa digunakan sebagai kondisioner, yang melembutkan rambut," kata Dokter Hasniah dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Hasniah mengatakan, khasiatnya akan lebih bagus jika ditambahkan minyak kelapa, daun mangkokan dan urang aring.

"Sebagai pewangi, bisa ditambahkan daun pandan. Namun, ramuan tersebut memang membuat rambut terlihat lebih lepek. Setelah mengoleskannya ke seluruh rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan dan bilas," ujarnya.

Selain itu, lanjut Hasniah, bahan alami lain yang lebih praktis digunakan untuk merawat rambut adalah lidah buaya.

Caranya, potong ujung lidah buaya hingga lendir dari tanaman tersebut keluar, dan oleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut. 

Kemudian, diamkan semalaman dan bilas hingga bersih setelah bangun tidur.

"Lidah buaya bisa mencegah dan mengatasi kerontokan pada rambut. Selain itu juga membuat rambut lebih hitam dan berkilau," kata Hasniah.

Menurut dia, perawatan lidah buaya tersebut juga bisa diaplikasikan pada anak-anak untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015