Jakarta (ANTARA News) - Pemijatan tubuh setelah melahirkan dipercaya mampu mengembalikan kebugaran sang ibu, salah satunya adalah pijat "pulen legit" atau sering disebut pijat "kembali perawan" oleh masyarakat Betawi.

"Disebut pijat 'kembali perawan' karena semua otot yang kendor setelah melahirkan itu dikencangkan kembali, seolah-olah seperti saat masih perawan," kata anggota Ikatan Dokter Indonesia Dokter Hasniah saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Hasniah mengatakan, metode pijat "pulen legit" memfokuskan pemijatan pada daerah panggul hingga daerah sekitar vagina sang ibu.

Menurut dia, pemijat bisa menggunakan minyak esensial atau semacamnya, selama kurang lebih satu jam.
"Pusat pemijatannya adalah di sekitar panggul dan daerah sekitar vagina dikencangkan. Dari depan hingga kebelakang. Saya sudah merasakan sendiri, dipijat dan tidak dipijat pasca-melahirkan itu rasanya berbeda," ujar Hasniah.

Hasniah menambahkan, pijat "pulen legit" saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Betawi, di mana para pemijatnya biasanya tyergabung dalam komunitas masyarakat Betawi tertentu.

"Kalau di komunitas masyarakat Betawi itu masih ada. Mereka tahu betul metode pemijatannya. Jadi, sampai saat ini juga masih dilakukan," ujarnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015