London (ANTARA News) - Everton memberi penghormatan kepada pahlawan mereka Duncan Ferguson dengan mengadakan pertandingan testimonial melawan Villarreal pada Minggu, di mana Wayne Rooney sempat tampil membela mantan klubnya tersebut.

Rooney, yang mengawali karir bersama The Toffees sebelum dijual ke Manchester United pada 2004, mengenakan kaus biru ketika ia masuk sebagai pemain cadangan untuk kemudian mendapat sambutan meriah dari para penonton, dan bermain selama 15 menit terakhir pada pertandingan yang dimenangi tim Spanyol itu dengan skor 2-1 di depan sekitar 35.000 penonton, lapor AFP.

Pelatih United Louis van Gaal akan lega melihat Rooney tidak mendapatkan cedera apapun, di mana klubnya yang bermarkas di Old Trafford akan menjalani pertandingan pembukaan Liga Utama Inggris melawan Tottenham Hotspur enam hari lagi.

Ferguson (43) masuk sebagai pemain pengganti pada fase akhir pertandingan, ketika Tyias Browing mencetak gol bagi Everton untuk membalas gol-gol Gerard Moreno dan Matias Nahuel bagi tim tamu.

Ia pernah menjadi pemain termahal di Britania ketika dibeli oleh Rangers dari Dundee United pada 1993, Ferguson kemudian bergabung dengan Everton, awalnya sebagai pemain pinjaman pada 1994.

Ia bertahan di klub itu meski sempat dipenjara terkait tandukannya terhadap pemain Raith Rovers Jock Mostay saat masih berkarir di Ibrox, namun kemudian dijual ke Newcastle United pada 1998.

Bagaimanapun, Ferguson kembali untuk menjalani masa bakti kedua dan menyelesaikan karirnya di Goodison Park, di mana ia kini menjadi bagian dari staf kepelatihan.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015