Kupang (ANTARA News) - Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur Yosafat Koli mengatakan, hingga pukul 11.00 WITA, belum ada pasangan calon lain yang mendaftar untuk menjadi peserta dalam pilkada Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

"Kami terus memantau perkembangan di Kabupaten TTU dan sampai pukul 11.00 WITA, belum ada pasangan calon lain yang mendaftar. Kita menunggu hingga batas waktu terakhir pembukaan pendaftaran pada Selasa (3/8) pukul 16.00 WITA," kata Yosafat Koli menjawab Antara melalui telepon genggam dari TTU.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan pendaftaran pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di TTU, setelah KPU memperpanjang masa pendaftaran karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar hingga batas akhir waktu pendaftaran, Selasa (28/7) lalu.

Satu pasangan calon yang mendaftar itu adalah calon bupati Raymundus Sau Fernandes dan calon wakil Bupati Aloysius Kobes yang diusung PDI Perjuangan.

Menurut dia, jika sampai dengan batas waktu perpanjangan pendaftaran ini berakhir dan tidak ada calon lain yang mendaftar, maka pilkada TTU akan diundur hingga 2017.

Mengenai kemungkinan muncul calon "boneka", dia mengatakan KPU hanya melihat dari segi persyaratan pasangan calon yang sudah ditetapkan.

Artinya, setiap pasangan calon yang memenuhi syarat pencalonan sesuai perundang-undangan, maka KPU wajib mengakomodir, kata Yosafat Koli.

Juru Bicara KPU Kabupaten TTU Fidel Olin dalam keterangan terpisah mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi sejak 29-31 Juli dan memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari, yakni tanggal 1-3 Agustus 2015.

Perpanjangan masa pendaftaran itu mengacu pada Peraturan KPU Nomor 12, khususnya Pasal 89 yang mengatur perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari.

Jika dalam masa perpanjang belum ada pasangan calon yang mendaftar, dengan demikian akan ditunda ke Pilkada serentak tahun 2017 nanti, kata Fidel.

Menurut Fidel, pihaknya juga tidak tahu alasan pasangan calon lain belum mendaftar.

Padahal, sebelumnya sudah ada pemberitahuan bahwa dari Partai Golkar dan PKB yang berencana mendaftarkan pasangan calon bupati Gabriel Manek dan calon wakil bupati Edwar Tanur.

Begitu juga Partai Gerindra, Nasdem, PAN, Hanura, dan sejumlah partai koalisi lainnya yang mengusung pasangan calon bupati Eusebio Hornai Rebelo dan calon wakil bupati Raymundus Loin.

"Masih ada kesempatan untuk mendaftar sehingga kita harapkan partai politik dan pasangan calon bisa mendaftar pada hari terakhir ini," katanya.



Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015