Jakarta (ANTARA News) - Branding "Wonderful Indonesia" masuk peringkat 47 branding terbaik dunia versi Travel and Tourism Competitiveness Index World Economic Forum (WEF).

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Senin, mengatakan ternyata upaya dan program pemerintah dalam mempromosikan country branding ini mulai menunjukkan hasil menggembirakan.

"Saya menyambut baik ada peningkatan ranking yang signifikan dalam hal country branding dari peringkat di atas 140-an menjadi peringkat 47 tahun ini dari 144 negara," kata Arief.

Dia bertekad terus menggencarkan program promosi country branding melalui pencantuman logo Wonderful Indonesia dalam berbagai kesempatan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana menyebut prestasi ini sebagai salah satu bukti usaha Indonesia dalam mempromosikan branding telah membuahkan hasil.

"Artinya kita perlu awareness supaya country branding 'Wonderful Indonesia' semakin dikenal dunia," kata Pitana.

Pitana mengatakan WEF sebenarnya telah mengumumkan pemeringkatan branding itu beberapa waktu lalu dengan sejumlah indikator yang dinilai, mencakup penilaian daya saing pariwisata secara umum pada empat subindeks dengan 13 indikator di antaranya nation branding, alam, budaya, kebersihan, dan lain-lain.

Dengan kata lain country branding adalah salah satu yang dinilai WEF saat menilai daya saing pariwisata suatu negara.

Pitana menambahkan, Indonesia akan semakin mengoptimalkan promosi pariwisata terutama pada level internasional.

"Sejak beberapa bulan lalu kita tayangkan di channel-channel internasional branding kita, jadi walaupun sampai saat ini belum optimal tapi anggaran untuk promosi 50 persen di antaranya untuk branding," kata Pitana.

Pitana berjanji untuk membenahi berbagai komponen yang masih dinilai lemah oleh WEF agar daya saing pariwisata Indonesia semakin membaik.




Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015