Jakarta (ANTARA News) - Nilai-nilai Pancasila tak hanya harus dimasukkan dalam sistem tata perundangan-undangan, tetapi juga harus diinstitusionalkan, kata Kepala Biro Humas MPR, Ma'ruf Cahyono, di hadapan ratusan mahasiswa UIN Raden Fatah, Palembang

Melalui siaran pers MPR yang diterima di Jakarta, Senin, ia mengatakan bahwa sosialisasi dan implementasi Pancasila kepada masyarakat tak akan terjadi bila tidak "by design".

Ma'ruf mengatakan bahwa dulu ada BP7, sebuah lembaga yang mengurusi masalah permasyarakatan Pancasila. Kini, ada diskusi dan wacana untuk membentuk sebuah lembaga untuk membumikan Pancasila.

Dengan adanya implementasi Pancasila secara masif, maka ia yakin nanti akan terealisasi situasi ekonomi, politik, dan yang lainnya bersendikan Pancasila.

Sosialisasi Pancasila sudah dilakukan oleh MPR ke berbagai kampus. Bahkan, kata Ma'ruf, masyarakat mempunyai inisiatif mengundang MPR untuk melakukan sosialisasi.

Kepedulian masyarakat kepada Pancasila diakui Ma'ruf karena ada kekhawatiran nilai-nilai Pancasila tak tersampaikan pada generasi muda.

Melemahnya pemahaman masyarakat kepada Pancasila, menurutnya, harus dijadikan pelajaran karena jika tidak ada penerapan Pancasila, kelak bangsa dan negara akan kehilangan norma dan etika.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015