Asuncion (ANTARA News) - Paraguay menawarkan diri untuk menjadi salah satu pendukung resmi pencalonan Michel Platini sebagai Presiden FIFA, demikian pernyataan badan sepak bola setempat dalam surat yang dikirimkan ke FIFA.

Setiap calon Presiden FIFA harus memiliki dukungan tertulis dari sekurang-kurangnya lima badan sepak bola negara-negara anggota hingga 26 Oktober 2015, empat bulan menjelang pemilihan.

"Badan Sepak Bola Paraguay (APF) merasa terhormat bisa memberikan dukungan resmi untuk pencalonan Michel Platini sebagai Presiden FIFA," tulis lembaga itu dalam surat yang dialamatkan kepada Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke.

"Mohon kiranya komite pemilihan FIFA memeriksa pencalonan Michel Platini," demikian tertulis dalam surat yang ditandatangani Presiden APF Alejandro Dominguez dan disiarkan melalui laman resmi APF.

Platini, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Badan Sepak Bola Eropa (UEFA), muncul sebagai salah satu calon kuat pengganti Sepp Blatter di pucuk kepemimpinan sepak bola dunia.

Sementara itu Chung Mong-Joon asal Korea Selatan, Presiden Badan Sepak Bola Liberia Musa Bility dan legenda Brasil Zico telah mengumumkan niat mereka mencalonkan diri pada pemilihan Presiden FIFA Februari mendatang, meski Zico mengaku ia mungkin harus berjibaku demi memperoleh lima pendukung resmi.

Selain itu pebisnis sekaligus mantan tahanan politik Afrika Selatan, Tokyo Sexwale, juga mengungkapkan niatannya untuk mencalonkan diri.

Blatter sebelumnya terpilih kembali sebagai Presiden FIFA untuk masa jabatan kelima pada 29 Mei 2015, namun empat hari berselang ia mengumumkan pengunduran dirinya menyusul krisis terburuk sepanjang sejarah yang tengah menjangkit badan supremasi sepak bola dunia itu.

Setiap dari 209 anggota FIFA memiliki satu suara yang menentukan dalam pemilihan presiden mendatang, demikian Reuters.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015