Shanghai  (ANTARA News) - Dua produsen ponsel pintar Tiongkok menyalip raksasa teknologi AS, Apple, yang harus turun ke tempat ketiga di pasar ponsel pintar terbesar di dunia itu pada triwulan kedua tahun ini, kata satu firma analis independen seperti dikutip AFP.

Xiaomi kini menjadi vendor smartphone terbesar di Tiongkok dalam hal pengapalan dengan menguasai 15,9 persen pangsa pasar priode April-Juni tahun ini, kata Canalys salam rilis persnya.

Tempat kedua ditempati Huawei dengan menguasai 15,7 persen dan baru kemudian disusul Apple, sedangkan Samsung dari Korea Selatan dan Vivo juga dari Tiongkok, menempati urutan keempat dan kelima tanpa diketahui persentase pangsa pasar yang dikuasainya.

"Kompetisi di antara brand-brand besar tidak pernah seintensif sekarang.  Xiaomi menghadapi tekanan hebat dalam mempertahankan posisi puncaknya pada beberapa triwulan ke depan," kata Wang Jingwen, analis pada Canalys.

Tiongkok adalah pasar smartphone terbesar dunia dari sisi pengapalan, kata Canalys.

Penjualan iPhone di Tiongkok termasuk Hong Kong dan Taiwan melonjak 85 persen sehingga pendapatan berlipat ganda menjadi 13 miliar dolar AS untuk triwulan yang berakhir 27 Juni, kata perusahaan itu.

"Kami masih sangat bullish (cenderung naik) di Tiongkok dan kami terus berinvestasi," kata CEO Apple Tim Cook bulan lalu seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015