Jakarta, 3/8 (Antara) - Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan, Senin, berkunjung ke Banten untuk bersilaturahmi dengan Pengurus Ormas Islam Mathla'ul Anwar serta untuk memastikan kesiapan muktamar ke-19 dan peringatan satu abad Ormas tersebut yang akan berlangsung di Pandeglang, Banten pada  7 - 9 Agustus 2015.

"Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka Muktamar ke-19 dan Peringatan Satu Abad Mathla'ul Anwar pada 8 Agustus ini di Pandeglang. Jadi, disamping bersilaturahmi, Pak Luhut juga ingin melihat kesiapan kami untuk pelaksanaan pembukaan acara tersebut," kata Sekjen Mathla'ul Anwar Oke Setiadi kepada pers di Jakarta, Senin.

Dalam lawatan sehari di Provinsi Banten itu Kepala Staf Kepresidenan menyempatkan diri berkunjung ke Pesantren Darul Afkar di Ujung Kulon Pandeglang dan Perguruan Mathla'ul Anwar di Cibuah Warung Gunung Lebak Banten.

Kepala Staf Kepresidenan dalam kunjungan itu didampingi Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar dan Plt Gubernur Banten Rano Karno, sementara dari pihak Mathla'ul Anwar antara lain Ketua Majlis Amanah KH Irsjad Djuwaeli, Ketua Umum KH Ahmad Sadeli Karim, dan Ketua DPP Generasi Muda (Gema) Mathla'ul Anwar Andi Yudi Hendriawan.

Menurut Sekjen Mathla'ul Anwar, Kepala Staf Kepresidenan menyatakan bersyukur bisa bersilaturahmi lagi dengan para pengurus Mathla'ul Anwar serta gembira melihat antusiasme warga Banten dalam menyambut muktamar ke-19 dan peringatan satu abad Ormas tersebut. Beberapa waktu sebelumnya Luhut pernah berkunjung ke Universitas Mathla'ul Anwar (UNMA) di Pandeglang.

"Pak Luhut juga memberikan arahan terkait akan hadirnya Presiden pada pembukaan Muktamar ke-19 dan Peringatan Satu Abad Mathla'ul Anwar di Pandeglang pada 8 Agustus ini," kata Oke Setiadi sambil menambahkan bahwa pada acara tersebut Presiden akan didampingi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menurut dia, pada Muktamar Mathla'ul Anwar ke-19 itu juga akan hadir Menteri Pendidikan Anies Baswedan dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, sementara penutupan acara akan dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman.

"Menteri Pendidikan dan Menteri Sosial akan memberikan ceramah pada acara tersebut, namun kehadiran mereka masih tentatif. Tapi yang jelas Menteri Agama, Kepala Staf Kepresidenan, dan Jenderal TNI Purn Wiranto selaku Ketua Dewan Penasehat Mathla'ul Anwar sudah menyampaikan kesiapannya untuk berbicara pada forum itu," katanya.

Sekjen Mathla'ul Anwar lebih lanjut mengemukakan harapannya agar Muktamar ke-19 dan Peringatan Satu Abad Mathla'ul Anwar di Pandeglang Banten dapat berjalan lancar serta memberikan manfaat bagi umat, khususnya di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial.

(A015)

Pewarta: Aat Surya Safaat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015