Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, melantik dan melakukan mutasi pejabat eselon II, III dan IV Kementerian Perdagangan sebagai salah satu upaya menghilangkan celah yang dapat menimbulkan permasalahan khususnya terkait proses perizinan.

"Hari ini saya melantik eselon II, III dan IV. Melakukan mutasi di kementerian khususnya di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri," kata Rachmat, seusai melakukan pelantikan di Jakarta, Senin.

Rachmat mengatakan, mutasi tersebut bukan hanya dilakukan di Ditjen Daglu saja, akan tetapi juga dilakukan di direktorat lain mengingat masih ada momentum untuk memperbaiki manajemen khususnya setelah salah satu pejabat non-aktif Kementerian Perdagangan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan suap.

"Ini sebagai salah satu respon kita setelah sebelumnya menonaktifkan pejabat yang sudah menjadi tersangka, dan saya sudah menunjuk pejabat pelaksana tugas," ujar Rachmat.

Rachmat menambahkan, dirinya meminta Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih, yang juga ditunjuk sebagai Plt Dirjen Daglu, untuk melakukan semua pembenahan khususnya terkait perizinan.

"Kita akan terus melakukan secara bertahap, supaya tidak goyang. Jika sekaligus berubah, justru bisa terhenti. Kita melakukan ini secara bertahap," kata Rachmat.

Pada Senin (3/8), Rachmat melantik sebanyak 16 orang, yang terbagi pejabat sembilan orang dengan jabatan eselon II, eselon III sebanyak dua orang dan eselon IV sebanyak lima orang. Dari sebanyak 16 pejabat yang dilantik tersebut, sebanyak tujuh orang dari eselon III dan IV ditempatkan di Ditjen Daglu.

Beberapa nama yang digantikan adalah, Kasubdit Barang Modal Dit. Impor Ditjen Daglu, Imam Ariyanta digantikan oleh Iriana trimurty Ryacudu, Kasie Mesin dan Peralatan Mesin Subdit Barang Modal Dit. Impor Ditjen Daglu, Bambang Ciptadi, digantikan Priyo Triatmojo.

Selain itu, Kasie Barang Pertanian dan Kehutanan Subdit Barang Pertanian Kehutanan, Kelautan dan Perikanan Dit Impor Ditjen Daglu, Billy Anugerah, digantikan Eko Prilianto, dan Kasie Barang Aneka Industri Subdit Barang Aneka Industri dan Bahan Baku Industri Dit Impor Ditjen Daglu Ronald Jenri Silalahi digantikan Rully Syah Rizal.

Kasie Dokumen Ekspor dan Impor Subdit Prosedur dan Dokumen Dit Fasilitasi Ekspor dan Impor Ditjen Daglu, Carel Gusram digantikan Rinaldo Mardian.

Rencana Kemendag untuk memutasi pegawai tersebut muncul setelah pada Selasa (28/7) lalu, pihak kepolisian menggeledah kantor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

Kementerian Perdagangan juga telah membebastugaskan pejabat struktural dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Ditjen Daglu) Kementerian Perdagangan terkait dengan penggeledahan yang dilakukan oleh tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Pejabat yang dibebastugaskan tersebut adalah pejabat struktural Ditjen Daglu seperti Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Partogi Pangaribuan, dan juga pejabat eselon II dan III. Namun, untuk staff Ditjen Daglu tidak dibebastugaskan.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan dijabat oleh Partogi Pangaribuan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93/M tahun 2014 pada 2 Juli 2014. Partogi akan masuk masa pensiun pada 1 Agustus 2015 ini.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015