Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menawarkan kepada pemerintah Republik Korea Selatan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan jalan tol Palembang-Tanjung Apiapi di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Kami menawarkan ini, karena lokasinya sangat strategis, dapat memacu pertumbuhan ekonomi sangat cepat," kata Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto Husaini dalam rilis Komunikasi Publik Kemenpupera yang diterima di Jakarta, Senin.

Hediyanto menerangkan, jalan tol Palembang-Pelabuhan Tanjung Api-api sepanjang 80 Km memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menurut dia, jalan tol tersebut sangat layak dibangun karena menjadi jalur distribusi batubara yang produksinya mencapai lebih dari 10 juta ton setiap tahunnya.

Selain itu, Dirjen Bina Marga juga menyampaikan, Pemerintah Indonesia sangat serius dalam membangun infrastruktur jalan termasuk jalan tol di Sumatera.

"Jalan tol Bakauheni (Lampung) - Palembang (Sumsel) ditargetkan rampung konstruksinya pada 2018," katanya.

Kemudian, lanjutnya, pemerintah juga tengah mengerjakan pembangunan tol Medan-Binjai dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Hediyanto menyatakan pihaknya juga memang ingin bertukar pengalaman dalam sektor konstruksi jalan dan jembatan. Khusus untuk jembatan, Dirjen Bina Marga mengakui Korea lebih memiliki pengalaman pembangunan khususnya untuk jembatan dengan bentang panjang.

"Kita tahu bagaimana kinerja kontraktor Korea dalam membangun, kita mungkin perlu belajar bagaimana menyelesaikan pembangunan tepat waktu dan manajemen infrastrukturnya," ujarnya.

Apalagi, Republik Indonesia yang merupakan negara kepulauan itu juga dinilai memerlukan teknologi-teknologi baru konstruksi jembatan yang sesuai dengan kondisi geografis pulau-pulau Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengisyaratkan bahwa pembebasan lahan masih menjadi kendala utama dalam penyelesaian pembangunan jalan Tol Sumatera.

"Sudah ada yang pembangunannya mulai dikerjakan, tapi ada juga yang masih dalam proses pembebasan lahan," kata Menpupera Basuki Hadmuljono, usai menemui Menteri Rini Soemarno, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/7).

Menurut Basuki, pertemuannya dengan Menteri BUMN Rini Soemarno dan termasuk direksi BUMN Karya untuk membahas progres jalan Tol Sumatera dan Tol Jawa. 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015