London (ANTARA News) - Pembuat kit Manchester United, Adidas, kukuh mempertahankan kaus baru kontroversialnya yang dirancang khusus untuk penggemar perempuan klub Liga Utama Inggris itu.

Pekan lalu Adidas mengungkapkan kesepakatannya untuk membuat kit pertama United senilai 750 juta pound, namun raksasa alat olah raga asal Jerman itu dikritik karena merancang kaus khusus perempuan dengan garis leher yang lebih rendah dari kaus untuk laki-laki.

Seorang penggemar United, @MUnitedGirl, memposting pesan di Twitter: "Serius nih Adidas? Mengapa V-neck (garis lehernya) begitu rendah jika dibandingkan kaus untuk laki-laki? Sebagian dari kami (perempuan) malah tidak suka memamerkan belahan. Saya menganggap itu diskriminasi. Nike tak pernah melakukannya."

Menjawab kritik, Adidas berkilah telah mempertimbangkan perasaan penggemar sebelum memproduksi kit ini.

"Adidas menyediakan kaus dewasa yang merupakan reflika dari kaus yang dikenakan pemain," kata juru bicara Adidas. "Berdasarkan penelitian dari penggemar, kami juga menawarkan kaus perempuan sebagai bagian dari lingkup produk gaya hidup kami."

"Lingkup ini punya rancangan yang sedikit berbeda dan selaras dalam memberi pilihan kepada penggemar."

Nike tidak membuat versi perempuan untuk kaus United musim lalu. Adidas menunjuk kaus khusus perempuannya untuk para penggemar Chelsea, Real Madrid dan Bayern Muenchen tanpa mendapatkan keluhan apa-apa, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015