Beijing (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada pekan ini akan berkunjung ke tiga negara Afrika yang paling terkena dampak wabah virus Ebola, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Selasa.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan singkat menyampaikan bahwa Menlu Wang akan berangkat pada Sabtu untuk kunjungan selama tiga hari ke Sierra Leone, Liberia dan Guinea. Namun, pihak Kemlu Tiongkok tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kunjungan itu.

Wang sekarang ini sedang berada di Asia Tenggara, tempat ia akan menghadiri pertemuan puncak tentang keamanan regional pada pekan ini.

Virus Ebola telah menewaskan lebih dari 11.200 orang di Afrika Barat setelah mewabah pada Desember 2013.

Tiongkok, yang merupakan mitra dagang terbesar Afrika, telah mengirimkan ratusan tenaga medis ke Afrika dan memberikan bantuan senilai lebih dari 120 juta dolar AS untuk upaya memerangi virus Ebola. Pada awalnya, Tiongkok menghadapi kritik karena dinilai tidak terlalu berkontribusi dalam membantu Afrika menghadapi wabah Ebola.

Banyak perusahaan besar Tiongkok berinvestasi di Afrika dengan memanfaatkan berbagai sumber daya di benua itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi raksasa Asia tersebut selama beberapa dekade lalu.

Sekitar 200 perusahaan Tiongkok beroperasi di Afrika Barat, wilayah tempat virus Ebola yang menyebar paling mematikan, demikian laporan Reuters.
(Uu.Y012)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015