Jakarta (ANTARA News) - Penyedia solusi alat berat Caterpillar, PT Trakindo Untama (Trakindo) kembali menyatakan komitmennya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan beasiswa.

Beasiswa tersebut diberikan kepada 23 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan binaan Trakindo yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban).

"Sebagai perwujudan misi Trakindo dalam menciptakan lapangan kerja berkualitas, Trakindo mempersiapkan SDM yang juga berkualitas melalui program beasiswa sebagai salah satu pilar utama dalam tanggung jawab sosial," kata Maria T Kurniawati, Chief Administration Officer Trakindo, dalam pernyataan tertulisnya, Rabu.

"Kompetensi teknik yang didapat di SMK jika ditambahkan dengan pendidikan tinggi di Politeknik dapat mencetak profesinal yang lebih berkualitas, lebih dekat dengan kebutuhan industri, serta lebih berkarakter," sambung dia.

Dua puluh tiga siswa/siswi penerima beasiswa dalam Program Coop Trakindo tersebut melanjutkan pendidikan di Poliban mulai 10 Agustus 2015 pada program studi Teknik Alat Berat.

"Kami bangga dapat turut mengambil bagian dalam menyukseskan pembangunan nasional dan mempersiapkan generasi muda terampil di bidang industri alat berat melalui program Coop Trakindo," kata Edi Yohanes, Direktur Poliban.

"Generasi muda Indonesia, khususnya lulusan Poliban, dapat memiliki kompetensi lebih tinggi untuk menghadapi persaingan global dalam dunia kerja," tambah dia.

Beasiswa yang diberikan bersifat penuh, termasuk biaya pendidikan di Poliban selama tiga tahun hingga akhir dan biaya hidup, serta biaya perjalanan pergi dan pulang ke kota asal pada awal dan akhir program beasiswa.

Trakindo menerapkan program Coop bersama-sama 15 institusi pendidikan Indonesia yaitu sembilan SMK dan enam politeknik. Program meliputi materi pembelajaran, sarana pendukung, pelatihan dan praktek kerja lapangan bagi siswa/mahasiswa serta pelatihan teknik bagi para pengajar di Training Center Trakindo.

Pewarta: Arindra Meodi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015