Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Rapat Konsultasi merupakan forum yang baik untuk membicarakan perbedaan pandangan dan pendapat antar-lembaga negara.

Siaran pers MPR, Rabu, menyebutkan bahwa perbedaan pendapat antarlembaga negara sangat mungkin terjadi dan itu wajar sebab Indonesia adalah negara demokrasi.

Namun, bila perbedaan pendapat tersebut makin meruncing dan menyentuh hal-hal yang prinsip dan sensitif, maka perlu ada satu forum untuk memecah kebuntuan.

"Lembaga-lembaga negara termasuk MPR, DPR, DPD, Presiden, BPK, KY, MK,MA bertemu untuk saling menyamakan visi soal kebangsaan. Jika ada perbedaan pandangan antarlembaga negara atau kementerian, maka forumnya adalah Rapat Konsultasi," ujar Zulkifli usai Rapat Konsultasi antar lembaga negara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Adapun pelaksanaannya, lanjut Zulkifli, disepakati bisa dua bulanan atau tiga bulanan, namun jika masalah yang perlu dibicarakan sangat mendesak, Rapat Konsultasi bisa disegerakan pelaksanaannya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015