AsiaNet 61384

IWATA, Jepang, 4 Agustus (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

- Bisnis kelautan Yamaha tumbuh dengan stabil dengan mencatatkan pendapatan operasional melampaui 20%

Yamaha Motor Co., Ltd. (Tokyo: 7272) pada tanggal 4 Agustus mengumumkan pendapatan operasional gabungan untuk paruh pertama tahun 2015 naik 41,9% dari tahun lalu mencapai sebesar 69,7 miliar yen. Struktur laba terus meningkat di seluruh segmen. Penjualan bersih naik 8,6% menjadi 821,1 miliar yen. Pendapatan biasa melonjak 51,5% menjadi 74,4 miliar yen dan pendapatan bersih naik 61,7% menjadi 52,1 miliar yen.

(Foto & video: http://image.net/ymc_1sthalfresult_2015)

http://youtu.be/0_iDdN4pbOE

Anda dapat mengintegrasikan video tersebut di situs Anda.

Geliat bisnis Yamaha di pasar negara-negara maju mengalami tren positif berkat reformasi struktural dan sambutan besar yang baik terhadap peluncuran produk sepeda motor.

Sektor bisnis di pasar negara-negara berkembang relatif stabil. Peningkatan penjualan produk-produk premium dan peluncuran berbagai model platform menjadi penyeimbang dampak berkurangnya volume penjualan di Indonesia dan Brasil dan terdepresiasinya mata uang di pasar negara-negara berkembang.

Penjualan bersih sepeda motor naik 7,6% menjadi 518,2 miliar yen dan pendapatan operasional tumbuh 65,8% menjadi 18,6 miliar yen. Kenaikan penjualan bersih dibeberapa negara berkembang disumbangkan oleh produk-produk premium dan peluncuran berbagai produk baru. Melonjaknya pendapatan operasional didukung oleh kenaikan penjualan, pengurangan biaya operasional, dan depresiasi yen.

Penjualan produk juga mengalami kenaikan di sejumlah negara maju, ditopang oleh kesuksesan promosi produk-produk seperti superbike YZF-R1 dan MT-09 TRACER. Penjualan di Amerika Utara dan Eropa masing-masing naik 28% dan 14%.

Penjualan produk juga mengalami kenaikan di beberapa negara berkembang seperti Vietnam dan Filipina, dipimpin oleh penjualan produk-produk populer seperti motor bebek Exciter dan skutik Nozza Grande. Tren negatif perekonomian berdampak kepada penurunan penjualan yang terjadi di beberapa negara berkembang, yaitu Brasil dan Indonesia.

Di segmen bisnis kelautan, produk motor outboard berukuran besar menjadi penyumbang terbesar di dalam penjualan dan pendapatan dengan perincian penjualan bersih naik 12,0% menjadi 168,8 miliar yen. Pendapatan operasional naik 41,7% menjadi 39,3 miliar yen. Pertumbuhan penjualan yang signifikan ini berkat kuatnya penjualan produk motor outboard berukuran besar dan kendaraan air di AS dan terdepresiasinya yen. Rasio pendapatan operasional tercatat lebih dari 20%.

Selama setengah tahun lamanya, nilai tukar dolar terhadap yen stagnan di angka 115 yen/dolar, naik 6 yen dibandingkan tahun lalu, sedangkan nilai tukar euro berkutat di 130 yen/dolar, turun 10 yen.

Sumber: Yamaha Motor Co., Ltd.

Kontak:
Kenji Otsuki
Global PR Manager
Corporate Communication Division
Yamaha Motor Co., Ltd.
Tel: +81-3-5220-7211
E-mail: ymcglobalpr@yamaha-motor.co.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015