Ankara, Turki (ANTARA News) - Amerika Serikat, Rabu waktu setempat, melancarkan serangan udara yang pertamanya dari Turki ke satu target ISIS di Suriah setelah Ankara menyatakan siap meningkatkan perang melawan ISIS.

"Sebuah drone (pesawat tak berawak) AS hari ini melancarkan sebuah serangan udara ke Suriah dekat Raqa," kata seorang pejabat Turki kepada AFP merujuk kota di Suriah utara yang menjadi ibu kota ISIS.

Drone ini lepas landas dari Pangkalan Udara Incirlik di Turki selatan yang telah dibuka Ankara untuk militer AS dalam rangka serangan bersenjata terhadap ISIS di Suriah yang hanya berjarak 200 km.

Belum lama ini Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyatakan bahwa negaranya siap memulai perang menyeluruh melawan ISIS di Suriah bersama AS, setelah berbulan-bulan enggan turut dalam koalisi pimpinan AS.

Pentagon pekan ini mengumumkan drone bersenjata AS telah lepas landas dari Incirlik untuk melakukan misi di Suriah utara, tetapi ini untuk pertama kalinya serangan udara dilakukan AS di Suriah.

Menurut laporan media, sekitar 30 jet tempur AS akan tiba di Incirlik dalam beberapa hari ke depan untuk ambil bagian dalam misi itu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015