Jakarta (ANTARA News) - Setelah dirilis dalam bentuk film animasi 3D dan komik, kini karakter "Juki and Friends" dikemas dalam buku dongeng.

"Buku ini intinya pesan moral untuk anak-anak karena proses pembelajaran budi pekerti itu naik turun, jadi ini sebagai pendamping," kata pencipta karakter Juki and Friends, Salma Indria Rahman, di Jakarta, Kamis.

Buku dongeng Juki and Friends bercerita tentang sekumpulan hewan di Negeri Cermin yang di antaranya bernama Juki, si Jerapah periang. Juki bermimpi terbang mengelilingi Negeri Cermin yang indah, dan Juki jadi ingin mewujudkan mimpi itu.

Di dalam buku cerita anak tersebut, terdapat 8 (delapan) karakter fiktif yaitu Juki (Jerapah periang, tidak suka marah, dan disukai teman-temannya), Risa (Rusa yang ramah), Baya (Buaya setia yang hobinya berenang dan bermain layangan), Untu (si penyu hijau yang penyabar dam selali pandai menenangkan suasana), Tiki (si Tikus pemurah), Elang (si burung penjelajah), dan Ciki (si ayam yang rajin).

Lewat karakter tersebut Salma ingin memicu anak-anak untuk memiliki sifat serupa. Pasalnya, menurut Salma, kecil adalah seorang peniru yang ulung. Selain itu, melalui cerita dongeng tersebut, Salma juga ingin anak-anak untuk mewujudkan mimpi mereka.

Lebih lanjut, Salma juga ingin mempopulerkan kembali kegiatan mendongeng. Salma mengaku prihatin dengan anak-anak kecil saat ini yang gemar bermain game elektronik dan menonton sinetron.

Melalui mendongeng Salma berharap anak-anak dapat mendongeng untuk temannya. Lebih dari itu, dengan mendongeng diharapkan dapat menghidupkan imajinasi mereka sehingga nantinya dapat membuat cerita dongeng sendiri.

Buku yang berisikan 10 cerita tersebut mengajarkan budi pekerti, norma-norma dan perilaku yang dibutuhkan anak-anak dalam bermasyarakat dan bersosialisasi.

Buku tersebut akan disumbangkan melalui komunitas dongeng Rumah Pohon Activity (RPA) kepada anak-anak penghuni bangsal rumah sakit, perpustakaan nasional, perpustakaan desa, PAUD, dan rumah singgah di 10 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Bantul, Siantar, Palangkaraya, Bontang, Padang, Manado dan Lombok.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015