Moskow (ANTARA News) - Pelatih CSKA Moscow Leonid Slutskiy ditunjuk untuk menggantikan Fabio Capello melatih timnas Rusia dalam kesepakatan jangka pendek, demikian dikatakan asosiasi sepak bola negara itu pada Jumat.

Slutskiy dikontrak sampai akhir perjalanan mereka di kualifikasi Piala Eropa 2016, kata Persatuan Sepak Bola Rusia (RFS) melalui situs resmi mereka (www.rfs.ru).

Pria 44 tahun itu, yang merupakan pelatih timnas asal Rusia pertama sejak Alexander Borodyuk memegang jabatan itu untuk sementara pada 2006, akan tetap melatih CSKA Moscow setelah klubnya mengizinkan dia untuk melakukan kedua pekerjaan itu sekaligus.

"Para petinggi sepak bola Rusia menghubungi klub kami untuk bertanya apakah saya akan dapat mengambil alih tanggung jawab sebagai kepala tim nasional untuk empat bulan mendatang," kata Slutskiy kepada situs resmi CSKA Moscow (www.pfc-cska.com).

"Mendapat situasi sulit yang dihadapi tim nasional, maka mustahil bagi saya untuk menolak tawaran ini."

"Tentu saja ini tidak akan mudah, namun saya bersyukur mereka mempercayai saya... Saya akan memberi segalanya untuk memastikan tim melakukan persiapan dengan baik untuk akhir kualifikasi Piala Eropa 2016," tambah Slutskiy.

Slutskiy sebelumnya melatih Olimpia Volgograd, Uralan Elista, FC Moscow, dan Krylia Sovetov Samara sebelum mengarsiteki CSKA pada 2009.

Rusia telah mencari pelatih kepala sejak Capello dipecat pada Juli. Pria Italia itu membawa Rusia ke Piala Dunia perdana mereka dalam rentang 12 tahun setelah mengantar mereka ke Brazil.

Bagaimanapun, tim asuhannya gagal memenangi satu pertandingan pun pada Piala Dunia 2014 dan tersingkir di fase grup.

"Pada lebih dari satu kesempatan kami berkata bahwa saat ini semestinya pelatih asal Rusia mengarsiteki tim nasional," kata menteri olahraga Vitaly Mutko.

"Mempertimbangkan kesuksesan dan pekerjaan efektif yang dilakukan Leonid Slutskiy di CSKA, saya pikir ia semestinya memiliki kualitas-kualitas yang dibutuhkan untuk membantu negara lolos ke putaran final Piala Eropa 2016," tambahnya.

Rusia saat ini menghuni peringkat ketiga di Grup G kualifikasi Piala Eropa 2016, dengan koleksi delapan angka dari enam pertandingan. Pertandingan mereka selanjutnya adalah melawan Swedia pada 5 September di Moskow. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015