Cikarang (ANTARA News) - Wakil Bupati Bekasi, Jawa Barat, Rohim Mintareja, mengimbau seluruh perusahaan di wilayah setempat untuk memprioritaskan penyerapan tenaga kerja lokal ditengah gencarnya para pendatang yang mencari kerja pasca-Lebaran 2015.

"Pemerintah daerah tidak bisa mencegah pendatang dari luar daerah melamar kerja di kawasan industri," katanya di Cikarang, Jumat.

Menurut dia, kondisi itu nampak dari kegiatan Bursa Tenaga Kerja pada 7-8 Agustus 2015 di Kantor Kecamatan Cikarang Selatan yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi.

"Memang lebih banyak pendatang dari luar daerah yang mengadu nasib di Bekasi terlihat dari berkas lamaran yang mereka bawa," katanya.

Menurutnya, mayoritas pelamar masih berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jakarta dengan rata-rata lulusan SMK dan S1.

"Kabupaten Bekasi sebagai wilayah industri terbesar membuat banyak pencari kerja yang datang ke sini," katanya.

Rohim mengaku hanya bisa mengimbau kepada perusahaan yang berada di wilayahnya untuk bisa mengutamakan warga Kabupaten Bekasi.

"Kami harap perusahaan dapat memprioritaskan warga Bekasi karena bagaimanapun eksistensi perusahaan mereka perlu memberikan manfaat lebih bagi lingkungannya," katanya.

Sementara itu, kegiatan bursa tenaga kerja kali ini diikuti sekitar 40 perusahaan lokal maupun mancanegara yang menyediakan lebih dari 2.000 lowongan kerja.

"Kami berkomitmen dalam setahun bisa menyelenggarakan minimal lima kali bursa tenaga kerja," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015