Jakarta (ANTARA News) - Facebook kini memungkinkan pengguna menyiarkan peristiwa dan penonton bisa berkomentar.  Namun, video tersebut dialirkan melalui Facebook Mentions, yang tersedia hanya untuk para orang terkenal yang laman Facebook-nya terverifikasi, sebagai satu cara mengatur interaksi dengan fans.

Jika ketinggalan versi live-nya, pengguna bisa menonton videonya kemudian, beda dengan  Snapchat atau Periscope yang akan menghapus video setelah 24 jam.

Facebook bergabung dengan pasar yang kompetitif. Periscope yang dimiliki Twitter dilaporkan telah memiliki satu juta pengguna dalam 10 hari pertama setelah pembukaannya.

Kumpulan video stream Snapchat, yang dikenal sebagai Live Stories, mendapat rata-rata 10 hingga 20 juta penonton, Shannon Kelly, juru bicara Snapchat menuliskan dalam surat elektronik.

Jadi, di antara sekian banyak pilihan live stream, yang mana yang harus Anda pilih?

Facebook

Kelebihan: bisa menonton selebriti berpura-pura menjadi
Kekurangan: tidak tersedia untuk umum.

Periscope
Kelebihan: siapapun bisa menyiarkan video dan mudah membaginya di Twitter.
Kekurangan: video akan dihapus setelah 24 jam kecuali Anda menyimpannya di ponsel.

Snapchat
Kelebihan: klip-klip yang banyak artinya lebih banyak sudut pandang, dan siapapun dalam even atau lokasi tersebut dapat berkontribusi (meski itu juga tidak menjamin video-video itu akan muncul dalam feed).
Kekurangan : video stream tidak hadir dalam real-time. Ada jeda sekitar satu jam antara waktu pengunggahan si pengguna dan waktu bagi editor menaruhnya dalam story.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015