Brussels (ANTARA News) - Amerika Serikat telah menggelarkan setengah lusin jet tempur F-16 di sebuah pangkalan udara di Turki untuk membantu operasi melawan ISIS, kata misi AS untuk NATO seperti dikutip AFP.

"Enam F-16 Fighting Falcons Angkatan Udara Amerika Serikat digelarkan di Pangkalan Udarar Incirlik, Turki, untuk mendukung perang melawan ISIL," cuit misi AS ini dalam Twitter menyebut ISIS dalam akronim lain ISIL.

AS sudah menggunakan pesawat-pesawat tak berawak (drone) dari Incirlik untuk menyerang posisi-posisi ISIS di Suriah untuk membantu kampanye udara Turki melawan ISIS.

"Sekitar 09.00 GMT (16.00 WIB), Angkatan Udara AS telah menggelarkan detasemen kecil terdiri dari enam F-16 Fighting Falcon, perangkat pendukung dan sekitar 300 personel di Pangkalan Udara Incirlik, Turki, sebagai dukungan bagi Operation Inherent Resolve," kata Komando Eropa AS dalam keterangan persnya.

"Detasemen ini berasal dari Wing Tempur Ke-31 yang berpangkalan di Pangkalan Udara Aviano, Italia. Ini mengikuti keputusan Turki yang menjadi pangkalan bagi penggelaran pesawat tempur AS guna melancarkan operasi kontra-ISIS."

Turki, anggota koalisi internasional pimpinan AS, meningkatkan aksinya melawan ISIS setelah bom mematikan mengguncang sebuah kota di perbatasan Turki-Suriah Juli lalu.

Menurut laporan media, sekitar 30 prajurit AS akan tiba dalam beberapa hari ke depan untuk ambil bagian dalam operasi itu, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015