Indianapolis (ANTARA News) - Juara dunia bertahan MotoGP Marc Marquez meraih kemenangan tiga kali beruntun di balapan MotoGP Indianapolis setelah mengungguli rekan senegaranya Jorge Lorenzo saat balapan kurang dari tiga putaran, Minggu.

Pebalap Honda asal Spanyol ini menyelesaikan balap di lintasan Indianapolis Motor Speedway yang berjarak 112,6 kilometer dengan 27 putaran, dalam waktu 41 menit 55,371 detik, di mana pebalap Yamaha Lorenzo, tertinggal 0,688 detik di belakangnya.

Menurut AFP, bintang Italia Valentino Rossi finis di peringkat ketiga.

Marquez juara melalui duel sengit. Pada balapan tersebut Lorenzo memimpin pada sebagian besar jalannya balap, di mana Marquez menguntit tepat di belakangnya.

"Saya melihat Lorenzo begitu kuat dan saya tidak mampu menyalip ke depannya dan membuka selisih," kata Marquez. "Maka saya tetap di belakangnya dan berusaha menyerang sampai akhir."

"Pada awalnya saya mampu mengikutinya, namun kemudian pada pertengahan balap saya sedikit kesulitan."

"Saya berada setengah detik, 1/6 detik di belakang dia. Namun kemudian saya melihat bahwa satu-satunya kesempatan untuk berusaha menyerang dengan dua putaran untuk mengejutkan dia... Saya berusaha keras pada putaran terakhir."

Dengan memperhitungkan kemenangan 2011 dan 2012 di Moto2, Marquez kini telah menang lima kali berturut-turut di Indianapolis Motor Speedway.

Kemenangan Minggu membuat dirinya menjadi pebalap pertama yang meraih tiga kemenangan di MotoGP Indianapolis.

Ia juga memenangi dua balap terakhir di Austin Texas, serta tahun lalu di Laguna Seca, California.

Kemenangan Minggu juga merupakan kemenangan ke-22 untuk Marquez dari 46 penampilannya di MotoGP.

Lorenzo merupakan runner up pada balap ini untuk tahun kedua secara beruntun.

(Baca: Klasemen sementara MotoGP)

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015