Padang Aro (ANTARA News) - Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), memiliki dua alternatif lokasi start Tour de Singkarak 2015, yaitu Pasar semi modern Padang Aro dan kantor bupati.

"Tahun ini kita dapat jatah start TdS dan lokasinya ada dua alternatif yang sekarang masih dilakukan analisis oleh tim TdS," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Doni Hendra melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Asniati di Padang Aro, Senin.

Ia mengatakan pada tahun ini Solok Selatan masuk etape IV TdS dengan rute Solok Selatan-Sawahlunto yang akan digelar pada 6 Oktober.

Start TdS etape IV, kata dia, akan dilakukan pada pukul 11.00 WIB dan Bidang Pariwisata sendiri sudah mengalokasikan dana Rp350 juta untuk mempersiapkannya.

"Kami sudah menggelar rapat koordinasi dengan SKPD lainnya untuk mempersiapkan event TdS tahun ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk para pebalap dan ofisial nantinya akan menginap di Kabupaten Dharmasraya dan paginya mereka berangkat ke Solok Selatan lewat jalur perkebunan.

"Kami hanya menjemput para pebalap dan ofisial di batas Solok Selatan-Dharmasraya," katanya.

Ia menyebutkan, supaya para pebalap dan ofisial menginap di Solok Selatan maka pemerintah harus menyediakan setidaknya 500 kamar.

Sedangkan di Solok Selatan, kata dia, masih belum mencukupi jumlah tersebut sehingga mereka menginap di Dharmasraya.

Untuk TdS sendiri rencananya akan dilaksanakan pada 3-11 Oktober.

Tokoh masyarakat Sangir Erizal Mandaro Kayo mengatakan, jika event TdS ini akan sangat menguntungkan bagi daerah karena akan terjadi geliat ekonomi selama pelaksanaan.

"Kami mendukung kegiatan ini sepenuhnya tetapi akan lebih baik lagi jika mereka menginap di Solok Selatan karena akan lebih banyak lagi perputaran uang," katanya.

Ia berharap, kedepan Solok Selatan tidak hanya sebagai lokasi start atau finish saja tetapi bisa keduanya.

Pewarta: Junisman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015