Islamabad (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang beberapa bagian Pakistan, termasuk Islamabad, ibu kota negeri itu, pada Senin, kata kantor meteorologi.

Kantor tersebut menyatakan gempa bumi tersebut mengguncang Provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan Punjab di negeri itu pada pukul 10.05 GMT (17.05 WIB).

Gempa juga menggetarkan beberapa bagian wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan tempat beberapa rumah rusak, demikian laporan Xinhua.

Pusat gempa ditetapkan berada di perbatasan Afghanistan-Tajikistan, dengan kedalaman 208 kilometer.

Direktur Jenderal Departemen Meteorologi Pakistan Ghulam Rasool mengatakan kepada media kekuata gempa itu ialah 6,8 pada Skala Richter, tapi belakangan kantornya mengubahnya di jejaringnya jadi 6,4 Skala Richter.

Lembaga penanganan bencana lokal mengatakan belum ada laporan mengenai korban jiwa. Namun, mereka sedang melakukan pemeriksaan bersama tim pertolongan dari kantor cabang mereka mengenai kerusakan yang mungkin terjadi.

Gempa tersebut memicu kepanikan di kalangan warga, yang bergegas ke luar rumah mereka.

Guncangan juga dirasakan di Ibu Kota India, New Delhi, pada Senin sore, saat gempa mengguncang Afghanistan.

Departemen Meteorologi India mengatakan gempa bumi itu berpusat di Wilayah Hindukush dan terjadi pada pukul 15.35 waktu India (17.05 WIB).

Guncangan juga dirasakan di Wilayah Kashmir yang dikuasai India dan Negara Bagian di India Utara, seperti Haryana, Himachal Pradesh dan Punjab, kata beberapa pejabat.

(Uu.C003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015