... kejuaraan dunia ini rangkaian 70 tahun kemerdekaan Indonesia, terimakasih kepada atlet seluruh dunia atas kehadirannya...
Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengatakan akan mendorong agar paralayang menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018.

"Kita sedang berupaya untuk meyakinkan negara-negara lain agar paralayang ini dipertandingkan di Asian Games 2018," kata Nahrawi, saat membuka Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat (WPAC) ke-8 di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Dia mengatakan, Indonesia sudah sering "berbicara" di gelanggang internasional untuk paralayang. Baru sekali ini WPAC digelar di Asia, dan Indonesia dipilih sebagai pengakuan atas prestasi putra-putri Indonesia di paralayang ini. 

Untuk melihat kesuksesan penyelenggaran itu, lanjut dia, ia secara khusus hadir, karena bagian dari sejarah bagi Indonesia.

"Karena Indonesia menjadi negara Asia pertama sebagai tuan rumah kejuaraan dunia. Dan yang paling berkesan di hati saya, kejuaraan dunia ini rangkaian 70 tahun kemerdekaan Indonesia, terimakasih kepada atlet seluruh dunia atas kehadirannya," kata dia. 

Nahrawi menyatakan, momen tersebut menjadi suatu kesempatan untuk membuktikan bahwa Indonesia dapat dipercaya menjadi panitia yang baik dan mengantarkan prestasi yg terbaik juga.

"Kita hormat mereka (atlet) sambut mereka kita berikan yg terbaik. Agar kedepan kejuaraan dunia parlayang ini, Indonesia diberikan kesempatan lagi sebagai tua rumah," katanya. 

Untuk memuluskan agar paralayang masuk dalam Asian Games 2018, dia mengupayakan komunikasi agar terus mendorong OCA (Olympic Council of Asia).

"Saya sedang mengupayakan itu dan mendorong terus agar OCA mempertimbangkannya. Tinggal, bagaimana atlet-atlet se-Asia mendorong federasi masing-masing untuk meminta OCA agar paralayang masuk ASEAN Games," kata dia.

Juga komunikasi dengan Komite Olahraga Indonesia (KOI). "Termasuk hari ini, KOI sedang berkoordinasi di Sumatera Selatan melihat arena olah raga, semoga ada kesempatan meyakinkan mereka," kata dia.  

Sementara itu, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Bidang Paralayang, Wahyu Yuda, mengatakan, siap untuk menyukseskan Asian Games 2018.

"Kami siap sukseskan ASEAN Games 2018 dengan komitmen memberikan medali emas sebanyak enam mas untuk Indonesia," katanya.

Yuda yang juga wakil presiden Federation Aeronautique Internationale (FAI) untuk Commission Internationale de Vol Libre (CIVL) menambah, FAI sebagai federasi internasional juga turut mendukung masuknya paralayang ke dalam Asian Games 2018.

"FAI bertugas menginformasikan ke seluruh negara anggotanya, agar memberikan suaranya, sehingga paralayang masuk ASEAN Games," katanya.

Ia menambahkan, penentuan cabang olahraga akan dilakukan September 2015. FAI akan melakukan komunikasi kepada semua negara ASEAN supaya mendorong paralayang masuk Asian Games 2018.

Indonesia menjadi tuan rumah WPAC ke-8 yang diikuti 125 peserta dari 19 negara. Kejuaraan berlangsung 9-16 Agustus, Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, memperebutkan gelar juara putra, putri dan beregu untuk kategori ketepatan mendarat.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015