Kita bisa memetakan kemampuan, keahlian, dan profesi para diaspora Indonesia."
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan mengeluarkan kartu identitas bagi diaspora Indonesia untuk mendata jumlah dan memetakan potensi mereka, kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

"Kementerian Luar Negeri akan menerbitkan kartu diaspora yang berfungsi untuk menjadi database dan juga untuk memetakan potensi diaspora Indonesia di seluruh negara," ujarnya dalam sambutan pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-3 di Jakarta, Rabu.

Menurut Retno, melalui kartu diaspora yang akan segera diterbitkan itu pihaknya akan memperoleh angka yang lebih pasti mengenai keseluruhan jumlah diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

"Kartu diaspora itu sebagai dasar kita membuat database. Sekarang ini kalau kita ditanya berapa sih diaspora yang ada di luar negeri, kita masih melakukan dengan perkiraan, kira-kira delapan juta orang. Tetapi, dengan adanya pendataan, maka angkanya jadi lebih jelas," ujarnya.

Mantan Duta Besar RI di Belanda itu menjelaskan bahwa kartu identitas diaspora juga akan digunakan memetakan profesi para diaspora Indonesia sehingga lebih jelas potensinya.

"Kita bisa memetakan kemampuan, keahlian, dan profesi para diaspora Indonesia. Dengan memetakan itu, kita akan lebih mudah bekerja sama dengan mereka," katanya.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu), menurut mantan Duta Besar RI di Norwegia itu, memberi perhatian dan berkomitmen untuk terus melakukan kerja sama dengan diaspora Indonesia, termasuk melalui para perwakilan RI di luar negeri yang terus mendorong mereka dapat saling berkumpul.

"Penting bagi diaspora Indonesia berkumpul untuk membahas berbagai isu yang terkait dengan kepentingan Indonesia," ucapnya.

Diplomat karir Kemlu RI tersebut mengemukakan, pemerintah sangat mendukung penyelenggaraan Kongres Diaspora Indonesia setiap tahun yang dinilai dapat memberi manfaat bagi pembangunan Indonesia.

"Kesempatan kongres ini digunakan untuk menghubungkan diaspora dengan berbagai profesi untuk membahas apa yang bisa dilakukan diaspora Indonesia untuk Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, "Maka itu, di dalam progam Kemlu dan Perwakilan RI di luar negeri, kita akan mendorong kedutaan dan konsulat kita untuk secara pro-aktif mendorong agar jaringan diaspora Indonesia terus bertambah dan progamnya dilaksanakan dengan baik."

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015