Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pergantian enam menteri diharapkan dapat memberikan hasil kinerja pemerintahan yang lebih baik.

"Ya tugas-tugasnya harus baik. Harus koordinasi lebih baik, harus ada fokusnya, harus langkah-langkahnya jelas," kata Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Rabu, seusai menghadiri pelantikan sejumlah menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Kalla, pergantian sejumlah menteri koordinator pada bidang ekonomi dan kemaritiman diharapkan dapat membantu memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia sedang melambat.

Wapres menegaskan perlambatan ekonomi yang dialami Indonesia lebih besar pengaruhnya karena faktor ekonomi eksternal atau dari negara lain.

"Jadi tidak bisa juga perkembangan itu akibat kabinet atau menteri. Tapi memang apapun ingin lebih baik lah," ujar Kalla.

Wapres menambahkan prioritas untuk tiga menteri koordinator pengganti adalah memperbaiki koordinasi antara menteri terkait dibawahnya serta memiliki fokus dan langkah yang jelas untuk memperbaiki kondisi masing-masing bidangnya.

Presiden Joko Widodo telah melakukan perombakan Kabinet Kerja terhadap enam menteri, yaitu Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno diganti oleh Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Sofyan Djalil diganti oleh Darmin Nasution, serta Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo diganti oleh Rizal Ramli.

Selain itu, Jokowi juga mengganti Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dengan Thomas Lembong, Menteri Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dengan Pramono Anung, serta Kepala Bappenas Andrinof Chaniago dengan Sofjan Djalil.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015