"Saya ucapkan pula terima kasih kepada semua pejabat eselon satu, eselon dua, dan seluruh keluarga besar kementerian perdagangan yang sudah sepuluh bulan bekerja bersama-sama"
Jakarta (ANTARA News) - Serah terima jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) yang dilaksanakan di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu, diwarnai suasana haru, yang mana Rachmat Gobel sempat menitikkan air mata.

Setelah menyerahkan jabatan Menteri Perdagangan kepada Thomas Trikasih Lembong, Rachmat Gobel kemudian membuka acara dengan memberikan pidato pembukaan.

Sambutan yang dimulai pada pukul 17:30 WIB, diawali dengan pemberian selamat kepada Menteri Perdagangan baru, yang kemudian dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran kementerian yang mengelola tataniaga negara itu.

"Pada kesempatan ini, saya ucapkan pula terima kasih kepada semua pejabat eselon satu, eselon dua, dan seluruh keluarga besar kementerian perdagangan yang sudah sepuluh bulan bekerja bersama-sama," ujar Rachmat dengan suara bergetar dan tangis yang tertahan.

Usai memberikan sambutan, acara tersebut ditutup dengan pelepasan pengusaha nasional  yang mulai menjabat Kementerian Perdagangan sejak 27 Oktober 2014 ini.

Ketika para pejabat eselon satu menyalaminya, Rachmat yang saat itu memakai batik coklat mulai menunjukkan rasa harunya. Ia hanya terdiam dan mendengar ucapan perpisahan yang silih berganti diberikan para rekan kerjanya selama beberapa saat.

Sepuluh menit bersalaman, pria 52 tahun itu tidak dapat menahan air matanya.

Rasa harunya sempat menghentikan acara pelepasan, dan membuat para eselon dua yang hendak menyalaminya menunggu.

Setelah terdiam beberapa saat, puluhan senyuman yang datang dari para rekan kerja yang sedang berbaris menunggu kesempatan untuk melepasnya, seketika membuat Rachmat kembali bersukacita dan meneruskan acara pelepasan tersebut.

Akhirnya acara ini ditutup dengan pemasangan foto Rachmat Gobel di ruang auditorium Kemendag, seperti yang telah dilakukan sejumlah Menteri Perdagangan terdahulu.

Dengan digelarnya kegiatan serah terima jabatan Menteri Perdagangan tersebut, secara resmi masa kerja Rachmat Gobel berakhir pada Rabu (12/8).

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2015