Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran andalan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melenggang mudah ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2015 setelah menaklukkan pasangan asal Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Pada putaran ketiga yang berlangsung di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Kamis, Tontowi/Liliyana melibas pasangan Malaysia dengan straight game 21-8, 21-13 dalam waktu 34 menit.

Pasangan campuran yang akrab disapa Owi/Butet itu dengan mudah meraih kemenangan di game pertama.

Mengawali permainan dengan baik, pasangan peringkat tiga dunia itu seolah tidak terkejar oleh Peng Soon/Liu Ying.

Sempat dibuntuti hingga skor 5-5, strategi pertahanan yang baik dari Tontowi/Liliyana membuat pasangan Malaysia peringkat 29 dunia itu kewalahan sendiri.

Peng Soon/Liu Ying semakin tertinggal dari Tontowi/Liliyana akibat banyak kesalahan yang dibuat sendiri. Baik Peng Soon dan Liu Ying sering memberikan angka pada Owi/Butet dengan cuma-cuma.

Tontowi dan Liliyana terus menekan Peng Soon/Liu Ying sehingga mereka tidak bergerak pada angka 8. Kesalahan demi kesalahan yang dilakukan Peng Soon dan Liu Ying membawa kemenangan 21-8 pada Tontowi dan Liliyana.

Serangan demi serangan dari Tontowi/Liliyana semakin membuat Peng Soon/Liu Ying tidak berkutik di game kedua.

Tiga kesalahan berturut-turut yang dilakukan Tontowi memberi peluang Peng Soon/Liu Ying mengejar ketertinggalan mereka menjadi 5-4 atas Tontowi/Liliyana. Namun, hal tersebut tidak dibiarkan berlangsung lama oleh Tontowi/Liliyana yang merupakan pasangan Juara Dunia tahun 2013. Mereka kembali memegang kendali permainan dan terus menekan Peng Soon/Liu Ying.

Pukulan dari Liliyana yang gagal dikembalikan dengan baik oleh Peng Soon/Liu Ying membawa kemenangan bagi Tontowi/Liliyana dengan skor 21-13.

Dari kemenangan tersebut, Tontowi/Liliyana berhasil unggul enam kemenangan dari tujuh kali rekor pertemuan mereka.

Dengan demikian, Tontowi/Liliyana berhasil menyusul rekannya Praveen Jordan/Debby Susanto yang lebih dulu melaku ke perempat final setelah secara mengejutkan berhasil menaklukkan pasangan unggulan keenam asal Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen lewat rubber game 22-20, 19-21, 23-21.

Pewarta: Monalisa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015