Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis putri nomor satu dunia Carolina Marin terus melaju pada Kejuaraan Dunia Buu Tangkis 2015 di Jakarta, sebaliknya musuh bebuyutannya dari Tiongkok, Li Xuerui, tergusur dari turnamen ini.

Li, juara Olimpiade dan peraih medali perak kejuaraan dunia tahun lalu, menjadi pebulutangkis unggulan atas pertama yang menjadi korban turnamen ini setelah ditumbangkan unggulan 11 P.V. Sindhu 21-17, 14-21, 21-17.

Unggulan ketiga ini menyatakan tak akan terpuruk oleh ketersingkiran dia yang mengejutkan ini dari kejuaraan dunia, sebaliknya bersumpah untuk mendukung rekan-rekannya dari Tiongkok yang masih bertahan memburu medali.

"Saya sudah bersiap semaksimal mungkin, oleh karena itu saya tidak akan tinggal dia dalam waktu lama," kata dia lewat seorang penerjemah.

Tahun lalu pebulutangkis Tiongkok ini dikalahkan Marin pada final kejuaraan dunia, dan penggemar bulu tangkis memimpikan keduanya bertemu lagi di final, sebelum tersingkir mengejutkannya Li dari Sindhu.

Sebaliknya Marin yang berasal dari Spanyol sukses agak dibarengi keburuntungan setelah menundukkan pemain Taiwan Pai Yu Po. Pada pertandingan ini Marin sempat tumbang pada set pertama karena cedera sebelum beberepa menit kemudian masuk lagi lapangan.

Marin yang nyaris kehilangan kesempatan mempertahankan gelar juara dunia karena cedera akhirnya mengalahkan pemain non unggulan Pai 21-11, 18-21, 21-17.

"Saya hanya tidak berusaha memikirkan (cedera) pergelangan kaki saya, karena saya takut sekali, karena mungkin saya menjadi tidak bisa bermain," kata dia kepada wartawan usai pertandingan. "Saya punya fisioterapis di sini,  sehingga dia akan merawat saya saat ini."

Pada bagian putra, pemain nomor satu dunia Chen Long melaju mulus setelah menggebuk pebulutangkis Thailand Tanongsak Saensomboonsuk 21-12, 21-7.

Hasil ini menjadi mimpi buruk bagi unggulan keempat Kento Momota karena impian juara dunianya melayang lebih awal jika dia menghadapi sang juara bertahan dari Tiongkok itu pada semifinal.

Ganda campuran Denmark yang juga unggulan kelima Joachim Fischer Nielsen dan Christinna Pedersen tumbang di tangan pasangan Indonesia Praveen Jordan dan Debby Susanto lewat pertandingan dramatis yang berakhir 22-20, 19-21, 23-21 untuk pasangan Indonesia yang berperingkat lebih rendah.

Unggulan kedua Jan O. Jorgensen, juara dunia lima kali Lin Dan dan superstar Malaysia Lee Chong Wei menjadi beberapa dari nama beken yang akan tampil pada perempat final malam ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015