Tadi kita bicara soal perdagangan yang berkaitan Indonesia-AS, saya sampaikan kita akan lebih intens lagi pada pasar Amerika,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo, Kamis malam, menerima kunjungan delegasi anggota Senat Amerika Serikat di Istana Merdeka Jakarta.

"Tadi kita bicara soal perdagangan yang berkaitan Indonesia-AS, saya sampaikan kita akan lebih intens lagi pada pasar Amerika," kata Presiden usai menerima delegasi Amerika Serikat di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis Malam.

Kepala Negara mengatakan Indonesia meminta agar jangan ada hambatan tarif atas barang-barang produk Indonesia.

"Kita minta juga agar produk-produk kita yang masuk ke sana jangan terkena hambatan tarif yang tidak bersahabat pada produk Indonesia, tadi saya berikan contoh-contoh," tegasnya.

Presiden mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Jepara, Istana Merdeka Jakarta, delegasi Senat Amerika Serikat juga diberikan gambaran atas penanganan korupsi di Indonesia.

"Kemudian tadi yang menanyakan hal yang berkaitan dengan masalah penangan korupsi saya juga sampaikan ini ini ini. dan pencegahannya ini ini ini," papar Presiden.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan delegasi Senat AS memberikan apresiasi atas kebijakan ekonomi, kebijakan penanganan korupsi dan juga bagaimana Presiden mengalihkan subsidi bahan bakar ke subsidi yang lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Jadi sebagian besar dari senator itu baru pertama kalinya berkunjung ke Indonesia dan ini adalah kesempatan baik untuk memberikan potret Indonesia yang benar di Amerika dan mereka berasal dari Partai Republik dan dalam kesempatan itu, seperti yang tadi saya sampaikan bahwa presiden menjelaskan secara rinci mengenai kebijakan-kebijakan yang sudah disampaikan dan mereka sangat mengapresiasi kebijakan presiden," tegas Menlu.

Anggota Senat Amerika Serikat yang bertemu Presiden Joko Widodo masing-masing Senator John Coryn dari Texas yang merupakan orang nomor dua dari Partai Republik di Senat, Senator Pat Roberts dari Kansas, Senator David Perdue dari Georgia, Senator Thom Tillis dari North Carolina dan anggota Kongres Ted Poe dari Texas.

Saat ini Partai Republik merupakan mayoritas di Senat Amerika Serikat dengan 54 senator sementara Partai Demokrat 44 senator serta ada 2 senator independen.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015