paling tidak beliau jujur mengangkat permasalahan yang dihadapi bangsa setelah 70 tahun medeka
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera di DPR RI Jazuli Juwaini menilai positif Pidato Presiden RI Joko Widodo dalam Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI yang disebutnya mengangkat permasalahan bangsa sehingga layak untuk diapresiasi.

"Pidato Presiden bagus, paling tidak beliau jujur mengangkat permasalahan yang dihadapi bangsa setelah 70 tahun medeka," kata Jazuli di Jakarta, Jumat.

Jazuli mengatakan, yang juga menarik dari pidato Presiden itu adalah menekankan pentingnya penguatan karakter bangsa, etika, dan nilai agama serta budaya. Dia menilai banyak sekali tontonan media yang tidak memberi tuntunan kecuali hanya mengejar rating.

"Hanya saja sebagian besar isi pidato Presiden Jokowi masih bicara pada tataran rencana-rencana, bahkan sekadar keprihatinan di beberapa bagian," ujarnya. Padahal, yang terpenting adalah mengimplementasikannya, apalagi dihadapkan pada realitas kondisi ekonomi yang terpuruk.

Menurut dia, rakyat tidak perlu lagi janji-janji dan wacana dari Presiden, tetapi rakyat membutuhkan kebijakan pemerintah yang eksesif dan menyelesaikan masalah sehari-hari.

"Di tengah harga-harga yang naik, daya beli rakyat yang menurun drastis, nilai tukar rupiah yang jatuh, yang ditunggu adalah langkah taktis dan efektif pemerintah untuk menanganinya," kata Jazuli.

Dia mengatakan, Nawacita, Trisakti, Revolusi Mental, hebat dan menarik untuk digelorakan dan diwacanakan,  namun adalah tugas Presiden dan pemerintahannya untuk menuangkan dalam rencana kebijakan dan aksi kebijakan yang jelas, terarah, dan terukur.

"Presiden dan kabinetnya harus lebih bergegas membuat kebijakan yang komprehensif untuk jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek misalnya, sangat minim kebijakan Pemerintah untuk menjaga dan mendorong daya beli rakyat," ujar dia.

Menurut dia, seharusnya di saat kondisi ekonomi yang mengkhawatirkan seperti sekarang, pemerintah dan para pengambil kebijakan terkait, harus aktif memberikan informasi dan menjelaskan secara komprehensif langkah-langkah yang dilakukannya.

"Pemerintah harus cepat melakukan aksi, jangan lagi berwacana, namun harus ambil penuh tanggung jawab dan jangan lagi rakyat yang menanggung susah," katanya.



Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015