Solo (ANTARA News) - Persis Solo menyatakan optimistis dapat mengalahkan PPSM Magelang pada turnamen sepak bola Grup C Piala Kemerdekaan 2015 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/8) malam.

"Kami menganggap semua lawan tim di Grup C berat. Akan tetapi, kami optimistis Persis mampu meredam setiap serangan yang dilancarkan PPSM pada pertandingan perdana itu," kata Pelatih Persis Solo Aris Budi Sulistyo usai latihan di Stadion Manahan Solo, Jumat.

Aris Budi Sulistyo mengatakan bahwa timnya akan mengawali pertandingan pertama dengan bagus dengan menampilkan permainan terbaiknya untuk menghibur para pendukungnya.

Persis melawan PPSM Magelang menggunakan skema menyerang dengan menempatkan striker Dimas Galih atau Ferryanto atau Saddam Husein sebagai ujung tombak.

Persis di lini tengah, kata dia, akan menempatkan trio Bayu Andra, Dedi Cahyono, dan Andrid, sedangkan di belakangnya dua gelendang bertahan Abdi Gusti dan Susanto.

Persis barisan belakang akan menurunkan kuartet: Khunul Yuli, Gusripen, Rico Fernanda, dan Supandi, sedangkan kiper dipercayakan M. Yasir.

"Kami akan menggunakan pola 4-2-3-1. Dimas Galih sebagai ujung tombak dapat didukung tiga pemain gelandang untuk bisa menciptakan peluang menjadi gol untuk timnya," katanya.

Menyinggung soal kekuatan PPSM, Aris Budi mengatakan bahwa tim asal Magelang itu banyak diperkuat mantan pemain Persis Solo, seperti Roby Fajar (striker), Agung Budi (gelandang), dan Andri Siswanto (bek) yang sudah mengenal karakter permainan timnya yang sering disebut "Laskar Sambernyawa" itu.

"Kami tidak ada penjagaan khusus bagi pemain PPSM. Siapa pemainnya yang dekat akan melakukan tekanan dan jangan sampai mereka lolos mendekati gawang Persis," kata Aris Budi yang juga mantan Pelatih Persis Kediri itu.

Selain itu, pemainnya hingga sekarang semuanya siap tempur, dan tidak ada yang mengalami cedera, termasuk Saddam Husein (striker) dan Qoirun Sandy (wing back) yang sudah sembuh dari cedera kini kondisinya sudah fit.

Menyinggung soal pemain striker Persis Johan Yoga yang absen latihan, Aris Budi menjelaskan bahwa Johan memang izin tidak latihan karena anaknya sedang sakit.

Namun, Aris Budi akan menurunkan pemain yang siap dan dalam kondisi fit. Mereka yang fit akan dimainkan pada pertandangan melawan PPSM.

Pemain Persis sudah diminta tetap fokus pada permainan untuk bisa mengambil poin pada pertandingan perdana melawan PPSM ini.

Pelatih PPSM Magelang Gatot Barnowo mengatakan bahwa timnya tidak gentar melawan klub seperti Persis Solo yang telah melakukan persiapan cukup pada Piala Kemerdekaan ini.

Menurut Gatot Barnowo, timnya sudah mengalami peningkatan, baik dalam kerja sama maupun kualitasnya.

Roby Fajar dan kawan-kawan akan tampil penuh semangat untuk bisa mengalahkan tim tuan rumah.

"Kami akan menggunakan pola 4-3-2-1 dengan mengandalkan satu pemain sebagai ujung tombak," kata Gatot Barnowo.

Menurut dia, pada Grup C ada tiga dari enam klub yang bertanding dinilai lebih diunggulkan dan dianggap berat, yakni Persis Solo, PSIR Rembang, dan Persiba Bantul. Namun, timnya tetap berupaya tampil yang terbaik untuk bisa lolos dari Grup C.

Susunan Pemain PPSM Magelang: kiper Joko Ribowo; barisan belakang dari kiri Andri Siswanto, Imam, Ahmad Taufik, dan Risman; gelandang bertahan akan ditempati Saralim dan Rastiawan; gelandang serang, yakni Saiful Amar, Wahyu Tri, Agung Budi; dan ujung tombak Roby Fajar.

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015