Banjarbaru (ANTARA News) - Ratusan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banjarbaru Utara 1 Kota Banjarbaru, mengikuti program 1.000 gigi bersinar yang dilaksanakan Badan Usaha Milik Negara di Kalimantan Selatan.

Manager SDM dan Umum PT PLN (Persero) wilayah Kalselteng Suparta di Banjarbaru, Jumat mengatakan, jumlah murid SD yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 120 orang.

"Ratusan murid yang mengikuti program terdiri dari kelas IV hingga VI dan mereka menerima penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi," ujarnya di sela kegiatan.

Dijelaskan, pelaksanaan program dalam rangka menyambut HUT RI ke-70 diikuti gabungan BUMN di Kalsel dikoordinir PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Pelaksanaan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang menurunkan puluhan dokter termasuk mahasiswa kedokteran.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan gigi terutama pada anak sehingga bisa mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas.

"Kesehatan gigi merupakan suatu hal yang sangat penting sehingga kesadaran menjaga kebersihan dan kesehatan gigi harus ditanamkan sejak usia dini," ucapnya.

Menurut dia, kegiatan merupakan bagian dari program "BUMN hadir untuk negeri" dan khusus program 1.000 gigi bersinar ditarget menjaring 1.000 murid sekolah dasar.

"Pelaksanaan di SDN Banjarbaru Utara 1 ini merupakan bagian dari program 1.000 gigi bersinar dan kami akan melaksanakannya di sekolah-sekolah dasar lain," ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan karena kegiatan mendorong kesadaran anak menjaga kesehatan.

"Kesehatan gigi sangat penting sehingga kami mendukung program ini dan diharapkan bukan hanya soal kesehatan gigi, tetapi masalah kesehatan lain," katanya.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015