Presiden ingatkan tentang memperkokoh karakter bangsa, serta memperkuat tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya memperkokoh karakter bangsa.

"Presiden ingatkan tentang memperkokoh karakter bangsa, serta memperkuat tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Jumat.

Untuk itu, kata dia, BKKBN akan terus mengembangkan program Generasi Berencana atau GenRe sesuai dengan pesan yang terkandung dalam pidato Presiden tersebut.

"Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda," katanya.

Program GenRe, tambah dia, merupakan wadah untuk memgembangkan karakter bangsa karena mengajarkan anak muda untuk menjauhi narkoba, seks bebas serta HIV AIDS guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi bangsa dan negara.

Pada program GenRe, tambah dia, anak muda juga diajak untuk menjadi motivator bagi sesama remaja lainnya.

"Jadi program ini adalah dari remaja untuk remaja, akan ada konselor dari kalangan remaja yang menjadi agen perubahan dan tempat bercerita bagi remaja lainnya," katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan menyampaikan bahwa perlu untuk memperkokoh karakter bangsa, serta memperkuat tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Salah satu upayanya melalui gerakan nasional revolusi mental.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015