Brno (ANTARA News) - Pebalap Yamaha asal Spanyol Jorge Lorenzo mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas Jumat, menjelang Grand Prix Republik Ceko di Brno pada Minggu.

Pada situasi panas menyengat, juara MotoGP 2010 dan 2012 berusia 28 tahun itu mengukir waktu 1 menit 56,499 detik pada sirkuit dengan panjang 5,4 kilometer itu pada latihan pagi.

Juara bertahan Marc Marquez asal Spanyol yang menunggangi Honda menghuni urutan kedua, dengan tertinggal 0,014 detik dari Lorenzo, setelah memuncaki sesi latihan petang.

Pebalap Italia yang membela Ducati Andrea Iannone menghuni urutan ketiga, dengan terpaut 0,251 detik dari Lorenzo.

Rekan setim Marquez dan kompatriotnya Dani Pedrosa, pemenang Brno 2014, menduduki urutan keempat dengan mengungguli dua pebalap Italia, Andrea Dovizioso dari Ducati dan pemuncak klasemen sementara Valentino Rossi yang menunggangi Yamaha.

Juara dunia sembilan kali dengan memperhitungkan semua kategori, Rossi unggul di klasemen keseluruhan dengan 195 angka dari sepuluh balap MotoGP yang telah dihelat musim ini, unggul atas Lorenzo yang mengoleksi 186 angka dan Marquez, juara 2013 dan 2014, dengan 139 angka.

Di antara enam pebalap teratas pada Jumat, hanya Marquez dan Iannone yang mampu mempertajam waktu pada sesi petang.

Dengan suhu yang meningkat sampai 45 derajat celcius, Marquez sempat keluar trek dan terjatuh pada akhir sesi petang.

Rossi juga terjatuh pada sore hari namun mampu meneruskan latihan sedangkan Pedrosa kurang beruntung, dengan berjalan langsung ke klinik mobil dengan menggunakan es pada kaki kirinya menyusul jatuhnya dia yang lebih awal pada sesi petang.

Dovizioso, Bradley Smith, dan Mike Di Meglio juga terjatuh pada akhir latihan kedua.

Pebalap Britania Danny Kent yang mengendarai Honda memuncaki latihan-latihan Moto3 pada Jumat. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015