Jakarta (ANTARA News) - China menempatkan ganda putranya, Liu Xiaolong/Qiu Zihan di partai final Kejuaraan Bulu Tangkis Total BWF 2015, Sabtu, setelah mengalahkan ganda Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa. 

Ganda putra China berhasil menaklukkan ganda Jepang melalui pertarungan rubber set yang cukup alot dengan skor 21-16, 21-23 dan 22-20, pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta itu. 

Sejak set pertama, pertambahan poin untuk masing-masing pasangan berjalan alot. Namun, Xiaolong/Zihan terus memimpin skor hingga menurut set pertama dengan skor 21-16. 

Di set kedua, Endo/Hayakawa tampil cukup menyakinkan dan berhasil merebut paruh set kedua dengan skor 11-7 atas Xiaolong/Zihan. Poin demi poin mereka tuai hingga akhirnya memaksa China memainkan set ketiga dengan skor akhir 23-21 untuk Jepang. 

Sementara di set ketiga, pertandingan berlangsung tak kalah ketat. Ganda Jepang sempat memimpin dengan skor 12-7, 13-8, 14-11.

Namun, tak lama, ganda China perlahan menyamakan kedudukan hingga 17-17. Kejar-mengejar poin sempat terjadi hingga poin-poin kritis dan memaksa terjadi deuce beberapa kali. 

Endo/Hayakawa harus mengakui keunggulan Xiaolong/Zihan, setelah takluk 20-22 di akhir set ketiga. Dengan hasil ini ganda China memastikan diri melangkah ke babak final.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015